Aceh Bangun Kompetensi APIP dengan Pelatihan Auditor Pertama

.

BANDA ACEH – Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan Auditor Ahli Pertama APIP se-Aceh dibuka. Kepala Perwakilan (Kaper) BPKP Aceh paparkan pentingnya diklat ini bagi auditor dalam menjalankan tugasnya.

Bertempat di Hotel Hermes Palace di Banda Aceh, diklat diikuti oleh 25 peserta yang berasal dari delapan Inspektorat Kabupaten/Kota di wilayah Aceh. Turut hadir dalam acara tersebut, Inspektur Pidie Jaya Jamian Mpd, jajaran Korwas BPKP Aceh, struktural, dan instruktur.

Dalam sambutannya, Inspektur Kabupaten Pidie Jaya Jamian menegaskan bahwa Inspektorat selaku Aparatur Pengawas Intern Pemerintah (APIP) pada lingkup pemerintah kabupaten dan kota, harus mampu melaksanakan tugas-tugas rutin sebagaimana yang telah diamanatkan oleh para stakeholders, seperti Kementerian Dalam Negeri, meskipun dengan segala keterbatasan yang dimiliki, seperti keterbatasan kewenangan, keterbatan SDM, dan keterbatasan anggaran.

Lanjutnya, terhadap kelemahan atau keterbatasan terkait pengelolaan SDM, Inspektur Kabupaten Pidie Jaya menyampaikan bahwa selama ini Perwakilan BPKP Aceh selalu hadir untuk memberikan dukungan selaku pembina APIP dalam rangka mengurangi maupun menanggulangi kendala-kendala terkait pengelolaan SDM pada seluruh Inspektorat yang ada di wilayah Aceh.

Kepala Perwakilan BPKP Aceh Indra Khaira Jaya saat membuka acara menggarisbawahi tujuan diadakan diklat ini ialah untuk meningkatkan profesionalisme auditor dalam rangka menjalankan tugas-tugasnya atas pelaksanaan kegiatan umum pemerintahan agar berjalan secara efisien, efektif dan sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

Atas kegiatan diklat ini, Indra berharap kecdepan APIP tidak sekadar menjadi watchdog, namun menjadi mitra bagi manajemen. Selain itu, diharapkan APIP berperan mengawal akuntabilitas dan efektivitas program dan kegiatan pemerintah, serta mampu berkontribusi dalam mengawal pencapaian tujuan pembangunan.

 

(Kominfo Perwakilan BPKP Aceh)