BPKP Riau Tandatangani Kerja Sama Peningkatan Pengawasan Pemda

.

PEKANBARU (18/10) – Perwakilan BPKP Provinsi Riau dan Pemerintah Kota Pekanbaru menandatangani nota kesepakatan dalam rangka memperkuat sinergi kerja sama pengawasan penyelenggaraan pemerintah daerah untuk mewujudkan good governance dan tercapainya APIP yang kapabel. Penandatanganan dilaksanakan di Aula Kantor Wali Kota.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Fauqi Achmad Kharir menyampaikan perlunya sinergi dan kolaborasi yang baik antara pemerintah Kota Pekanbaru dengan para stakeholders dan mitra kerjanya, termasuk Perwakilan BPKP Provinsi Riau, khususnya dalam pengawasan penyelenggaraan pemerintah.

“Peningkatan kualitas sinergi dan kolaborasi antara BPKP dengan Inspektorat Kota Pekanbaru dimaksudkan agar jangkauan pengawasan lebih luas guna memberikan hasil pengawasan lebih komprehensif, serta efektif dalam memberikan solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi,” ujar Fauqi.

Opini WTP level 3 kapabilitas APIP dan maturitas SPIP level 3 yang telah telah diraih oleh pemerintah Kota Pekanbaru tentunya menunjukkan telah baiknya akuntabilitas penyelenggaraan pemerintah daerah di Kota Pekanbaru. Namun demikian, raihan tersebut perlu dipertahankan dan ditingkatkan kualitasnya.

“Untuk itu, Perwakilan BPKP Provinsi Riau siap untuk membantu dan memberikan layanan pembinaan dan pembimbingan yang dibutuhkan oleh Pemerintah Kota Pekanbaru,” tambahnya

Sementara itu, Wali Kota Pekanbaru Firdaus menyampaikan Pemko Pekanbaru membutuhkan pendampingan dari BPKP dalam melaksanakan pembangunan sehingga jajaran Pemko tak ragu-ragu lagi menjadi Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) atau ketua panitia lelang. Penandatangan nota kesepakatan disaksikan oleh Inspektur Kota Pekanbaru dan seluruh kepala OPD se-Pekanbaru.

(Kominfo BPKP Riau)