BPKP Edukasi Implementasi BLUD di Dinas Kesehatan Kab. Hulu Sungai Selatan

.

BANJARBARU (18/10) – Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan Rudy M. Harahap membuka Workshop Implementasi BLUD pada UPTD di Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang didampingi Koordinator Pengawasan Bidang Akuntan Negara beserta Tim Bidang Akuntan Negara.

Pelatihan ini diselenggarakan mulai tanggal 18 s.d. 19 Oktober 2021, di Hotel Novotel Banjarbaru, dengan peserta yang berasal dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sejahtera, Puskesmas Kandangan, dan Puskesmas Negara,yang merupakan UPTD di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Adapun tujuan pelatihan, untuk memberikan pemahaman mengenai operasional BLUD dan hal-halyang perlu disiapkan dan dilaksanakan oleh UPTD dalam menjalankan operasional BLUD.

Pada kesempatan ini, Rudy menyampaikan tentang “Pelaksanaan manajemen kualitas BLUD harus melibatkan seluruh pegawai BLUD dengan dimotori oleh pengelola BLUD yang diawasi oleh Dewan Pengawas.”

Ditegaskan olehnya, dalam tata kelola BLUD, kualitas layanan sangat dipengaruhi oleh manajemen kualitas. Di sisi lain, manajemen kualitas dipengaruhi oleh inovasi layanan, manajemen risiko, budaya organisasi, sistem pengendalian intern, dan pembelajaran.

Materi pelatihan tersebut meliputi kinerja pelayanan dan keuangan, pelaksanaan anggaran, pengelolaan kas, penatausahaan keuangan, dan laporan keuangan BLUD.

(Kominfo BPKP Kalsel)