Canangkan Zona Integritas, BPKP Bina SDM Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalsel

.

BANJARMASIN (14/7) – Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan Rudy M. Harahap didaulat menyampaikan materi “Pemahaman Integritas dan Zona Integritas sebagai Refleksi menuju Pencanangan Zona Integritas (ZI) di lingkungan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Selatan".

Dalam paparannya, Rudy menekankan peran strategis SPIP Terintegrasi (New SPIP) dalam membangun Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Dalam pembangunan ZI menuju WBK/WBBM diperlukan perbaikan pada enam pengungkit (enabler) yang meliputi manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Rudy juga menyampaikan keberhasilan implementasi SPIP membutuhkan komitmen manajemen kementerian/lembaga/pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas perencanaan, baik dalam penetapan sasaran strategis maupun strategi pencapaian sasaran strategis dengan menerapkan manajemen risiko yang mendukung pencapaian tujuan, risiko fraud (termasuk korupsi), serta melakukan pengawasan pada area yang berisiko tinggi melalui Pengawasan Intern Berbasis Risiko (PIBR). Ia berharap setelah SPIP diterapkan, dapat memberikan value bagi organisasi maupun individu. Seluruh unit kerja diharapkan berhasil dalam pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM.

Zona Integritas merupakan predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui Reformasi Birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Integritas tidak melulu kepatuhan pada ketentuan namun juga pada nilai-nilai yang baik, bahkan organisasi perlu menciptakan nilai-nilai kebaikan (creating value). 

Selain Kepala Perwakilan BPKP Kalsel yang di dampingi Tim Bidang IPP, turut hadir sebagai moderator dalam acara tersebut Kepala Balai Sarana Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Selatan.

 

(Kominfo BPKP Kalsel)