Meningkatkan Kualitas Tata Kelola Aset Desa Kab. Bone Bolango dengan Siskeudes

.

GORONTALO (14/10) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kab. Bone bolango melaksanakan “Bimbingan Teknis Sistem Pengelolaan Aset Desa” bekerja sama dengan BPKP Gorontalo di Kantor Desa Toto Utara kabupaten Bone Bolango.

Kepala Dinas PMD Bone Bolango Sulaiman Panigoro menyampaikan bimtek diikuti oleh 10 desa di Kabupaten Bone Bolango. Sulaiman juga menyampikan terima kasih kepada BPKP yang telah mendampingi Desa Toto Utara dan mendapat penghargaan dari pemerintah provinsi terkait pengelolaan laporan keuangan. Ia pun berharap alokasi Dana Desa digunakan sebaik-baiknya terkait dengan prioritas daerah maupun nasional. Ia juga berpesan kepada peserta bimtek agar mengikuti dengan sebaik-baiknya untuk dapat diimplementasikan pada pengelolaan aset desa. 

Koordinator Pengawasan Bidang APD BPKP Gorontalo Agung Ragil Pujono memberikan apresiasi kepada Dinas PMD Kabupaten Bone Bolango atas kerja sama dan respon positif atas bimtek pengelolaan aset desa. Ia mengatakan Kabupaten Bone Bolango sudah menerapkan Siskeudes secara online yang diharapkan dapat mempercepat implementasi pengelolaan aset desa. Harapannya, bimtek ini bermanfaat untuk mengembangkan kompetensi perangkat desa. Desa yang mengikuti bimtek diharapkan dapat menjadi desa percontohan untuk pengelolaan aset bagi desa lain. Dalam kegiatan ini, BPKP akan mendampingi sepuluh desa untuk melakukan pengelolaan aset yang akan dilaksanakan minggu ini dan minggu depan.

Siskeudes online yang sudah diimplementasikan di Bone Bolango akan memberikan motivasi pada inspektorat dalam melakukan pengawasannya melalui Siswaskeudes sehingga pelaksanaan pengawasan atas desa lebih efisien. 

Kegiatan ini berlangsung selama empat hari ini disampaikan oleh tim APD BPKP Gorontalo yang dipimpin oleh Agustian Ardika, dilaksanakan 2 hari di kantor PMD dan 2 hari pendampingan pengelolaan aset di desa.

 

(Kominfo BPKP Gorontalo/sj)