BPKP Sulteng Sosialisasikan Siskeudes bagi Aparat Desa Keuangan

.

MOUTONG (12/10) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Parigi Moutong bersama Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah memberikan Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Desa menggunakan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) bagi aparatur desa se-Kabupaten Parigi Moutong. Bimtek dilakukan secara bertahap sejak tanggal 12 Oktober sd 17 Oktober 2021.

Mewakili Kepala Dinas PMD dalam acara pembukaan, Ervian Aksa Yosa selaku Sekretaris Dinas PMD Kabupaten Parigi Moutong didampingi oleh Camat Kecamatan Taopa dan Kepala Bidang Pemberdayaan Desa Dinas PMD, menyampaikan kepada peserta agar serius dan menyerap dengan baik materi yang diberikan oleh Perwakilan BPKP Sulawesi Tengah dalam pelaksanaan bimtek ini.

Mengingat setiap tahun keuangan desa semakin besar jumlahnya, baik dari Dana Desa, Alokasi Dana Desa, maupun dari pajak dan retribusi daerah, sehingga penggunaan aplikasi Siskeudes sebagai sarana untuk membantu percepatan pengelolaan keuangan desa untuk mewujudkan azas pengelolaan keuangan desa yang partisipatif, transparan, dan akuntabel.

Ervian Aksa Yosa juga menambah agar peserta yang telah mengikuti bimtek nantinya segera tertib dalam pengoperasian Siskeudes sehingga menghasilkan laporan terkini.

 

(Kominfo BPKP Sulteng, Tubagus Syah Putra/ Naufal)