Inspektorat Aceh Besar Gandeng BPKP Tingkatkan Kualitas Probity Audit

.

BANDA ACEH - Peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Daerah yang efektif salah satunya adalah pelaksanaan probity audit yang memberikan manfaat bagi Kepala Daerah dan para Kepala OPD.

Pelaksanaan probity audit yang berkualitas menghasilkan outcome berupa minimalisasi penyimpangan, pencegahan fraud, dan efisiensi/penghematan pengeluaran daerah dalam pengadaan barang jasa. Demikian disampaikan Kepala Perwakilan BPKP dalam pertemuan dengan Inspektur Aceh Besar Zia Ul Azmi di Kantor Perwakilan BPKP Aceh.

Pertemuan tersebut sebagai langkah lanjutan dari upaya Inspektorat Aceh mengajak Perwakilan BPKP Aceh melaksanakan joint probity audit.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Indra Khaira yang didampingi oleh Korwas APD 2 Priyanta Nugraha, menyampaikan bahwa peran Inspektorat Daerah sangat strategis dalam memberikan hasil pengawasan yang berkualitas dan rekomendasi strategis kepada Kepala Daerah untuk memastikan pencapaian tujuan strategis pemda.

Pada kesempatan yang sama, Inspektur Aceh Besar menyampaikan bahwa kerja kolaboratif ini dalam rangka pengawasan 5 kegiatan PBJ bernilai strategis berdasarkan data dari Unit Kerja Pengadaan Barang Jasa Aceh Besar. Harapannya adalah terjadi proses transfer knowledge dan pembelajaran probity audit kepada auditor Inspektorat Aceh Besar.

 

(Kominfo Perwakilan BPKP Aceh)