Koordinasi Penyusunan Pedoman Pengawasan Pariwisata Daerah

.

PADANG - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Dessy Adin, dengan didampingi Tim Penyusun Pedoman Agenda Prioritas Pengawasan Daerah Bidang Pariwisata Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat, menerima kunjungan dari Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat Novrial, di ruang kerjannya pada Selasa (12/10).

Kunjungan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat dalam rangka menjalin silaturahmi, berdiskusi, serta memberikan masukan terhadap penyusunan Pedoman Agenda Prioritas Pengawasan Daerah (APPD) tahun 2021 untuk bidang pariwisata di wilayah Provinsi Sumatera Barat.

Pelaksanaan Agenda Prioritas Pengawasan Daerah (APPD) tahun 2021 di wilayah Provinsi Sumatera Barat merupakan upaya untuk mengawal Program Prioritas Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sesuai dengan misi Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi, yaitu meningkatkan ekonomi kreatif dan daya saing kepariwisataan, melalui program pengembangan 19 destinasi wisata ungulan pada pemerintah kabupaten/kota di wilayah Provinsi Sumatera Barat. Hal ini didukung oleh adanya daya tarik wisata (DTW) alam berupa sebelas geopark yang tiga di antaranya telah diakui secara nasional dan Geopark Sawahlunto (Mining City) yang telah diakui oleh UNESCO.

Pedoman Evaluasi atas Program Prioritas Daerah Bidang Pariwisata pada Daya Tarik Wisata (DTW) Unggulan Pemerintah Kabupaten/Kota merupakan acuan bagi Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat dan APIP Daerah dalam melakukan evaluasi atas perencanaan, pelaksanaan, pelaporan serta pemantauan tindak lanjut. Pedoman ini juga dimaksudkan untuk menyeragamkan langkah kerja minimal yang harus dilakukan evaluator.

 

(Tim Kominfo BPKP Sumbar)