BPKP Sultra Pantau Pelaksanaan Vaksinasi, Distribusi dan Pengelolaan Vaksin Covid-19

.

KENDARI (7/10) – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah menginstrusikan dan menekankan dua hal yang harus dilakukan dalam percepatan penanganan pandemi Covid-19. Pertama, di hulu dengan penguatan implementasi penerapan protokol kesehatan di lapangan dan kedua, di hilir dengan akselerasi program vaksin nasional. Sebagai auditor internal Presiden, BPKP harus mampu mengawal dan memastikan instruksi Presiden untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi untuk seluruh rakyat Indonesia dapat berjalan secara efektif. Ini merupakan bentuk nyata kehadiran BPKP dan kebermanfaatan BPKP di tengah masyarakat.

Direktur Pengawasan Bidang Pertahanan dan Keamanan BPKP Faisal bersama tim melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi Tenggara dalam rangka monitoring pelaksanaan vaksinasi, distribusi, dan pengelolaan vaksin Covid-19 oleh TNI-POLRI di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara. Faisal yang didampingi Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara Nani Ulina Kartika Nasution melakukan kunjungan kerja antara lain ke Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara dan Lanud Haluoleo, serta melakukan peninjauan lapangan untuk melihat secara langsung proses pelaksanaan vaksinasi di Rumah Sakit Bhayangkara Kendari dan Rumah Sakit Tk IV Dr. R Ismoyo Kendari. Pada kesempatan peninjauan secara langsung tersebut, Dirwas Hankam BPKP melakukan wawancara dengan petugas vaksinator dan masyarakat yang melakukan kegiatan vaksinasi.

Pada kunjungan ke Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara, Faisal langsung ditemui oleh Kapolda Sulawesi Tenggara Yan Sultra. Dalam pertemuan yang berlangsung satu jam lebih tersebut, Kapolda banyak memberikan informasi mengenai pelaksanaan vaksinasi dan pengelolaan vaksin Covid-19 di lingkup Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara serta capaian kinerja dan hal-hal yang telah dilakukan Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara dalam rangka mempercepat program vaksinasi untuk rakyat ini. Tak hanya dengan Kapolda Sultra, Direktur Pengawasan Bidang Pertahanan dan Keamanan BPKP langsung mendengar dan meminta informasi langsung dari tim Kabiddokkes Polda Sultra dan tenaga kesehatan yang sedang melaksanakan tugas vaksinasi di Rumah Sakit Bhayangkara Kendari, mengenai kendala-kendala yang ada di lapangan.

Setelah dari Polda Sulawesi Tenggara, Direktur Pengawasan Bidang Pertahanan dan Keamanan BPKP dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara melanjutkan kunjungan kerja ke Lanud Haluoleo Kendari. Rombongan langsung disambut oleh Komandan Lanud Haluoleo Kolonel Pnb A. Ferdinand Picaulima. Dalam presentasi paparan laporan kegiatan Lanud Haluoleo Kendari untuk program vaksinasi Covid-19, Komandan Lanud Haluoleo menjelaskan beberapa poin penting yang telah dilakukan instansinya antara lain dengan bekerja sama dengan beberapa perusahaan–perusahaan swasta yang ada di Sulawesi Tenggara untuk mengadakan vaksin massal. Selain itu, disampaikan juga mengenai teknis pelaksanaan vaksinasi, baik yang dilaksanakan di Klinik Lanud Haluoleo maupun yang dilaksanakan di luar Klinik Lanud Haluoleo yang bersinergi dan bekerja sama dengan puskesmas di sekitar Lanud Haluoleo ataupun di Kabupaten yang cakupannya cukup jauh dari Lanud Haluoleo.

 

(Kominfo BPKP Sultra/dicky)