BPKP Kalsel Bimbing Penilaian Maturitas Pengendalian Intern Terintegrasi Wilayah Kalimanan

.

BANJARMASIN (11/10) - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan Rudy Mahani Harahap membuka pelatihan penilaian maturitas penyelenggaraan SPIP terintegrasi di wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara yang diselenggarakan di Hotel G’Sign Kota Banjarmasin pada tanggal 11-15 Oktober 2021.

Pada kesempatan ini, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan Rudy M. Harahap, didampingi oleh Koordinator Pengawasan Bidang APD selaku Ketua Panitia Anom Bajirat Suta menyampaikan bahwa sejarah tahapan-tahapan yang dilakukan dalam pengembangan dan implementasi SPIP terintegrasi, penyempurnakan penilaian penyelenggaraan SPIP menjadi “Result-Based SPIP” atau “New SPIP” yang menyangkut penilaian penyelenggaraan SPIP, yang diperluas pada penetapan tujuan, struktur dan proses, pencapaian tujuan.

Rudy juga menyatakan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman penilaian sistem pengendalian intern atau SPIP Terintegrasi, serta merumuskan area of improvement (AoI) dan rekomendasi strategis yang dapat memberikan nilai tambah, serta salah satu strategi BPKP untuk meningkatkan kompetensi pegawai kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah, selain penguatan internal BPKP. Selain peningkatan kompetensi ini, hal-hal lain yang diperlukan untuk keberhasilan implementasi SPIP adalah dorongan dari pimpinan, komitmen manajemen, inspektorat memfasilitasi penerapan manajemen risiko, dan semua pihak terus belajar secara berkelanjutan.

Materi pelatihan menyangkut dasar hukum serta manfaat pembinaan dan penilaian maturitas penyelenggaraan SPIP, overview penilaian maturitas penyelenggaraan SPIP, proses penilaian maturitas penyelenggaraan SPIP, penilaian penetapan tujuan, penilaian struktur dan proses, penilaian pencapaian tujuan SPIP, dan penggunaan aplikasi e-SPIP. 

Pelatihan ini diikuti sebanyak 33 orang yang berasal dari sebelas pemerintah daerah di wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara yang bekerja di Inspektorat dan Bappeda/Bappedalitbang.

 

(Kominfo BPKP Kalsel)