BPKP Riau Lakukan Telaah Sejawat APIP

.

DURI (6/10) – Perwakilan BPKP Provinsi Riau menyelenggarakan kegiatan Telaah Sejawat APIP pada Inspektorat Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Siak, dan Kota Dumai yang dilaksanakan di Hotel Grand Zuri.

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Fauqi Achmad Kharir. Dalam sambutannya, Fauqi menegaskan bahwa perwujudan peran APIP yang efektif diwujudkan dalam bentuk memberikan keyakinan yang memadai atas ketaatan, kehematan, efisiensi, dan efektivitas pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Selain itu, juga memberikan early warning dan meningkatkan efektivitas manajemen risiko dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah serta memelihara dan meningkatkan kualitas tata kelola penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Fauqi juga menyampaikan dalam rangka menjaga dan meningkatkan kualitas serta efektivitas pengawasan intern APIP, diperlukan suatu program pengembangan dan penjaminan kualitas yang dilakukan secara berkesinambungan.

“Salah satunya melalui kegiatan telaah sejawat antar APIP yang saat ini berlangsung. Program ini menjadi semakin strategis bagi APIP karena merupakan salah satu syarat untuk mencapai Kapabilitas APIP Level 3,” ujar Fauqi.

Di akhir sambutan, Fauqi berharap kepada Inspektorat peserta kegiatan ini, baik yang menelaah maupun yang ditelaah untuk dapat melaksanakan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dan cermat. Sehingga apa yang menjadi sasaran dan tujuan dari kegiatan ini dapat terwujud dengan baik, tepat, dan akuntabel.

Turut hadir Inspektur Daerah Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, dan Kabupaten Siak.

(Kominfo BPKP Riau)