BPKP Jabar Fasilitasi Kuliah Kerja Profesi bagi Peserta Didik Sespimma Polri

.

BANDUNG (23/9) - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat Mulyana menjadi narasumber pada kegiatan Kuliah Kerja Profesi bagi Peserta Didik Sespimma Polri Angkatan ke-66 Tahun Anggaran 2021 Kelompok Kerja V di Perwakilan BPKP Jawa Barat, Jalan Raya Cibeureum, Bandung.

Kegiatan ini merupakan salah satu tugas penelitian bagi peserta didik Sespimma melalui Focus Grup Discussion (FGD) dan wawancara dengan topik “Optimalisasi Kerja Sama Polri dengan BPKP Guna Akselerasi Penyidikan Tindak Pidana Korupsi dalam rangka Terwujudnya Pembangunan Daerah.”

Kepala Perwakilan dalam paparannya di hadapan para Siswa Didik yang terdiri dari Anggota Polri dan satu dari Angkatan Udara menyampaikan materi dengan tema “Peran Polri Terhadap Tugas BPKP”.

Mengawali paparannya, Mulyana mengulas tiga unsur dalam Three Lines of Defence, tujuh tahapan Manajemen Risiko, lima unsur SPIP, enam Komponen Kapabiltas APIP, tiga unsur Fraud Control Plan (FCP) dan yang terakhir delapan area Reformasi Birokrasi.

Lebih lanjut, ia juga memperkenalkan Struktur Organisasi Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat, Visi dan Misi BPKP, Kegiatan Pengawasan dalam penanganan Covid-19, Pengawasan Bidang Investigasi terkait Bantuan BPKP kepada Aparat Penegak Hukum Dalam Penanganan Kasus Tindak Pidana Korupsi.

Mulyana juga memberikan gambaran umum terkait Audit Investigasi, Alur Pikir Audit Investigatif, Proses Audit Investigatif, Audit Perhitungan Kerugian Keuangan Negara beserta prinsip-prinsipnya, dan yang terakhir Pemberian Keterangan Ahli.

Selain penyampaian paparan, juga dilakukan wawancara kepada para responden berupa sejumlah pertanyaan, dan sudah mendapat jawaban dari para responden yang meliputi para koordinator pengawasan di lingkungan Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat.

 

(Kominfo BPKP Jabar/SR-PS-RS)