BPKP Riau dan Enam Pemkab Perkuat Kerja Sama Pengawasan

.

PEKANBARU (24/9) – Dalam rangka memperkuat sinergi kerja sama pengawasan penyelenggaraan pemerintah daerah, Perwakilan BPKP Provinsi Riau menggelar Nota Kesepakatan dengan enam Pemerintah Kabupaten (Pemkab), yaitu Kabupaten Bengkalis, Indragiri Hilir, Kampar, Kepulauan Meranti, Kuantan Singingi, dan Siak, di Aula Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Riau.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Fauqi Achmad Kharir menyampaikan bahwa Nota Kesepakatan ini dimaksudkan sebagai pedoman operasional dalam melaksanakan kerja sama pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Dengan kesepakatan yang dijalin, diharapkan dapat memperkuat sinergi antara Perwakilan BPKP dengan Pemerintah Daerah sehingga penyelenggaraan pemerintah daerah yang akuntabel dan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah yang kapabel dapat terwujud,” ujar Fauqi.

Fauqi juga menyampaikan ruang lingkup kerja sama pengawasan penyelenggaraan pemerintah daerah meliputi pelaksanaan supervisi kegiatan pengawasan, penguatan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Pengelolaan Risiko, peningkatan kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), pengawalan tata kelola keuangan dan pembangunan daerah.

Di akhir sambutan, Fauqi berharap Nota Kesepakatan ini menjadi tonggak peningkatan sinergi Perwakilan BPKP Provinsi Riau dan pemerintah daerah, sehingga pelaksanaan pengawasan penyelenggaraan pemerintah daerah dapat berjalan semakin baik dan solid.

Sementara itu, Direktur Pengawasan Akuntabilitas Program Lintas Sektoral Pembangunan Daerah Rizal Suhaili dalam sambutannya mengatakan kompleksitas pengelolaan keuangan daerah yang semakin tinggi membutuhkan pengawasan yang lebih luas. Oleh karena itu, perlu adanya sinergi dan kolaborasi antar APIP agar jangkauan pengawasan lebih luas guna memberikanhasil pengawasan lebih komprehensif, serta efektif dalam memberikan solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi.

“Sinergi dan kolaborasi APIP tersebut dapat berupa kolaborasi dalam peningkatan kompetensi, joint sumber daya serta dalam bentuk peer reviu, coaching clinic, dan supervisi lainnya” jelas Rizal.

Kegiatan ini dihadiri oleh enam Kepala Daerah, yaitu Bupati Bengkalis Kasmarni, Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, Bupati Kepulauan Meranti H.M. Adil, Bupati Kuantan Singingi Andi Putra, Bupati Siak Alfedri, dan Wakil Bupati Indragiri Hilir Syamsuddin Uti.

 

(Kominfo BPKP Riau)