Dadang Kurnia: Rendah Hati dalam Memimpin Hingga Membuat Tim Yang Luar Biasa

.

JAKARTA (24/9) - Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah (PPKD) Dadang Kurnia hadir dalam sharing session di Library Cafe Kantor Pusat BPKP dengan tema “Leading with Modesty, Making A Great Teamwork”. Selama kepemimpinannya, Dadang terkenal sebagai sosok pemimpin yang rendah hati dan bersahaja. 
 
Pria yang mengawali kiprahnya sebagai ajun akuntan ini banyak mengambil pelajaran hidup dari pengalamannya di dalam dan luar negeri.  Dadang mengatakan, di mana pun kita berada, kita harus dapat membawa diri dengan baik. “Bergaul di mana pun kuncinya ada di kita,” ucap Dadang. Terkait kepemimpinan, Dadang mengatakan bahwa nilai yang universal adalah kerendahan hati. Jadi, di mana pun kita berada akan dengan mudah diterima lingkungan. 
 
Dadang juga berpesan kepada genarasi penerusnya untuk semangat berjuang. Mengenang masa CPNS, Dadang mengaku tidak berangan-angan menjadi seorang deputi. Namun nyatanya, perjalanan karir yang membawanya hingga ke jenjang pimpinan tinggi tak luput dari perjuangan yang berkelanjutan. “Jalani hidup, belajar terus,” pesan Dadang. 
 
Dadang menambahkan, bahwa gaya kepemimpinan tidak lepas dari kepribadian. Menurutnya, setiap menghadapi tekanan, kita harus bisa mengelola dan menyikapinya. Demikian karena tantangan adalah keniscayaan. 
 
Dadang menyebut dalam kepemimpinannya ia mengadopsi konsep building block. Sebuah konsep di mana kita harus jeli melihat block mana yang bisa dimasuki dan dikembangkan. 
 
Adapun ketika berjuang, Dadang menyadari bahwa dirinya tidak bisa sendiri. Berjejaring (networking) perlu terus dibina melalui jalinan sinergi dan kolaborasi. Selain itu, seorang pemimpin juga harus mempunyai pikiran terbuka dan dapat menerima masukan dari orang lain. “Saya tahu bahwa saya tidak tahu semuanya,” ujarnya. 
 
Inovasi yang dihadirkan Dadang bukan hanya dari segi audit atau pengawasan. Ia juga banyak berinovasi di bidang lainnya. Diketahui, kehadiran Library Cafe BPKP juga merupakan salah satu gagasan Dadang ketika menjabat sebagai Sekretaris Utama BPKP. Kini, Library Cafe berkontribusi nyata menjadi tempat bertukar pikiran, ide, dan kreativitas dengan desain modern dan nyaman. Ia berharap Library Cafe dimanfaatkan sebagai sarana untuk menggali tacit knowledge, baik terkait pengawasan ataupun substansi lainnya. 
 
Kegiatan yang diselenggarakan secara luring dan daring ini diikuti oleh pegawai di lingkungan di BPKP Pusat dan Perwakilan BPKP.