BPKP Perkenalkan Aplikasi SIMDA Next-G Berbasis Web Kepada 18 Pemerintah Daerah

.

BANDUNG (21/9) - Dalam rangka melakukan upaya memperkenalkan Aplikasi Simda Next-G berbasis web atau lebih dikenal dengan Financial Management Information System (FMIS), Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat bersama BPKP Pusat menggelar Piloting Modul Perencanaan dan Penganggaran Aplikasi FMIS dan Pengembangan Penatausahaan, yang dibuka pada Selasa malam (21/9) di Pewakilan BPKP Provinsi Jawa Barat di Bandung.

Kegiatan yang akan berlangsung selama empat hari sampai dengan tanggal 24 September 2021 ini, dibuka oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat Mulyana selaku tuan rumah.

Dalam sambutannya Kepala Perwakilan berharap Aplikasi SIMDA Next-G yang berbasis web ini  dapat diterapkan dengan baik, serta dapat berbagi ilmu kepada rekan kerja lainnya. Lebih lanjut Kepala Perwakilan berharap agar kegiatan piloting modul perencanaan dan penganggaran aplikasi FMIS dan pengembangan penatausahaan dilaksanakan melalui FGD dengan mengundang fasilitator dari Perwakilan BPKP setempat. Pada kesempatan ini Kepala Perwakilan juga mengharapkan kritik dari 18 pemerintah daerah dan 9 perwakilan BPKP se-Indonesia dalam rangka penyempurnaan sistem.

Selanjut Kepala Perwakilan tujuan utama dari penyelenggaraan workshop ini adalah sebagai sarana alih pengetahuan dan implementasi modul FMIS yang sudah dikembangkan oleh BPKP dan sudah diterapkan di beberapa pemerintah daerah. Sejak tahun 2003 BPKP sudah mengembangkan aplikasi SIMDA. SIMDA sendiri sudah melewati berbagai dinamika dan update. Di awali dengan SIMDA keuangan, SIMDA BMD, SIMDA Pendapatan, SIMDA Perencanaan, hingga SIMDA Gaji. Untuk selanjutnya, BPKP akan terus mengembangkan SIMDA Next-G berbasis web atau FMIS agar lebih sesuai dengan kebutuhan pemerintah daerah dalam rangka peningkatan akuntabilitas.

Menanggapi sambutan Kepala Perwakilan, Direktur Pengawasan Akuntabilitas Keuangan Daerah Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Edi Mulia, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para peserta yang hadir. Ia berharap para peserta aktif dalam diskusi dan dapat memberikan masukan-masukan atas kelemahan-kelemahan dari FMIS sebagai masukan kepada tim pengembang aplikasi SIMDA di pusat.

(Kominfo BPKP Jabar/SR-AS-RS)