Komitmen Perwakilan BPKP Aceh Canangkan Zona Integritas

.

BANDA ACEH – Perwakilan BPKP Aceh telah melaksanakan penandatanganan piagam pencanangan Zona Integritas (ZI), Wilayah Bebas Korupsi (WBK), dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Penandatanganan ini dilakukan oleh Kepala Perwakilan, Korwas, dan seluruh pegawai di lingkungan Perwakilan BPKP Aceh pada Senin (20/9).

Penandatanganan piagam pencanangan ZI, WBK, dan WBBM ini menjadi komitmen seluruh pegawai di lingkungan Perwakilan BPKP Aceh sesuai dengan amanah Permenpan dan RB Nomor 10 tahun 2019 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Pemerintah.

Dengan Penandatanganan tersebut Perwakilan BPKP Aceh telah mencanangkan kesiapan/kesanggupan untuk dapat menjadi lembaga yang berpredikat ZI dengan mewujudkan komitmen pencegahan korupsi melalui pelaksanaan kegiatan-kegiatan pencegahan korupsi yang lebih nyata dan menjadi Wilayah Birokrasi Bersih Melayani.

Perwakilan BPKP Aceh telah membentuk Tim Satuan Tugas dalam pencapaian Pemenuhan Predikat ZI, WBK, WBBM sehingga dapat terwujud dengan baik.

Sebelum penandatanganan piagam pencanangan ini dilakukan, telah dilaksanakan sosialisasi mengenai Peraturan Kepala BPKP  Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Pedoman Benturan Kepentingan di Lingkungan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan yang bertempat di Library Cafe dan juga dilaksanakan secara virtual yang dilaksankan pada hari Jum’at, 17 September 2021. Kegiatan sosialisasi tersebut dibuka oleh Kepala Bagian Tata Usaha BPKP Hanhan Hudaya kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Apip Komaruddin.

Kegiatan ini  merupakan bagian dari penerapan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, kejadian benturan kepentingan harus dikendalikan secara efisien dan efektif sehingga setiap keputusan yang diambil berdasarkan pada pertimbangan yang profesionalitas, integritas, objektifitas, independen, transparan, dan responsibel.

 

(Kominfo Perwakilan BPKP Aceh)