BPKP Kawal Rekrutmen Calon ASN Pemprov Kalbar

.

PONTIANAK (14/9) - Kepala Perwakilan BPKP Kalbar berikan arahan kepada peserta Seleksi Kompetensi Dasar Calon ASN Pemprov Kalbar yang dihadiri Gubernur Kalbar. BPKP mengawal jalannya proses seleksi sehingga menghasilkan calon ASN terbaik, berkomitmen dan berintegritas, secara objektif dan terhindar dari kecurangan.

“Rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi dasar pengeluaran keuangan negara dan daerah dalam membiayai gaji dan tunjangan ASN lebih dari 50 tahun ke depan. Sehingga rekrutmen ASN harus objektif dalam rangka mendapatkan bibit terbaik guna tata kelola pemerintahan yang lebih baik. Apabila kita gagal menjaga objektivitas dan masih terdapat kecurangan dalam proses rekrutmen ASN ini, maka hal itu berpotensi timbulnya kerugian keuangan negara dan kehilangan momen membangun tata kelola pemerintahan yang lebih baik dalam masa yang panjang. Untuk itu, pengawalan BPKP menjadi penting untuk menjaga komitmen dan integritas proses rekrutmen ASN yang berjalan,” demikian disampaikan Kepala Perwakilan (Kaper) BPKP Kalbar Dikdik Sadikin dalam pembukaan Seleksi Kompetensi Dasar Calon ASN Pemprov Kalbar pada Selasa, 14 September 2021 di Kantor BPSDM Pemprov Kalbar, Pontianak.

Senada dengan hal itu, Gubernur Kalbar Sutarmidji menegaskan bahwa dalam rekrutmen Calon ASN ini tidak ada campur tangan pihak lain untuk meloloskan peserta. “Jangan termakan omongan dan jangan tanggapi pihak-pihak yang menjanjikan untuk dapat meloloskan peserta dalam seleksi ini. Kami benar-benar terapkan prosedur dan pengujian yang bebas dari campur tangan dari pihak yang tidak bertanggung jawab,” tegas Gubernur.

Sebelumnya, dalam rangka membuka ruang ujian, telah dilakukan pembukaan segel oleh Gubernur Kalbar yang disaksikan Kepala Perwakilan BPKP Kalbar Dikdik Sadikin, Kepala BPSDM Prov Kalbar Suprianus Herman, Kepala BKD Prov Kalbar Ani Sofian, perwakilan dari BKN, serta para pejabat terkait lainnya.

Semoga rekrutmen Calon ASN ini berjalan dengan lancar dan menghasilkan bibit unggul yang berkomitmen dan berintegritas serta dapat diandalkan dalam membangun tata kelola pemerintahan yang lebih baik di Pemprov Kalbar.

 

(Kominfo BPKP Kalbar/FW)