BPKP Kalteng Cek Tata Kelola e-Warong di Kabupaten Kotawaringin Timur

.

KOTAWARINGIN TIMUR (8/9) - Warung elekronik gotong royong (e-warong) merupakan kepanjangan tangan pemerintah dalam menyalurkan bantuan sosial nontunai bagi warga tidak mampu. Dengan sistem ini diharapkan setiap bantuan sosial dan subsidi akan disalurkan secara nontunai menggunakan sistem perbankan sehingga mengurangi penyimpangan, kemudahan control, serta tepat sasaran, waktu dan jumlah.

Dalam pengelolaannya, Kementerian Sosial menunjuk Koperasi Masyarakat Indonesia Sejahtera (KMIS) yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Perwakilan BPKP Kalteng pun turut serta mengawasi tata kelola pelaksanaan program tersebut, Tim yang dipimpin oleh Pengendali Teknis Bidang Instansi Pemerintah Pusat Perwakilan BPKP Kalteng Purnomo Aji melakukan pengawasan ke sejumlah e-Warong di Kabupaten Kotawaringin Timur.

Pengawasan tersebut dilakukan untuk mengidentifikasi indikasi penyimpangan (fraud) dan kelemahan tata kelola yang terjadi dalam program e-Warong, seperti: adanya e-Warong yang melakukan pemaketan, distributor/supplier tunggal, e-Warong yang dikelola oleh ASN/ Pendamping Sosial/ Aparat Daerah, serta e-Warong yang hanya buka pada saat penyaluran.

 

(Kominfo BPKP Kalteng/Reza)