Kawal PEN di Daerah, BPKP Pantau Subsidi Bunga di Provinsi Malut

.

TERNATE - Pandemi Covid-19 dua tahun terakhir memberikan dampak penurunan kondisi perekonomian di daerah, di antaranya di Provinsi Maluku Utara. Tim Bidang Akuntan Negara Perwakilan BPKP Maluku Utara melakukan cek fisik pada beberapa nasabah tambahan penerima subsidi bunga dalam rangka penugasan Audit Tambahan Subsidi Bunga/Subsidi Margin bagi Penerima KUR Terdampak Pandemi COVID-19.

Audit ini dilakukan sebagai bentuk pengawasan yang bertujuan untuk memastikan bahwa program subsidi tambahan bunga dan program restrukturisasi khusus COVID-19 ini menjadi solusi permasalahan untuk nasabah yang mengalami kesulitan untuk membayar angsuran akibat omzet yang menurun melalui penundaan pembayaran angsuran maupun perpanjangan masa pinjaman.

Cek fisik ini dilakukan pada nasabah yang menjadi sampel berdasarkan pemeriksaan berkas yang telah dilakukan sebelumnya yang berada pada 3 lokasi yaitu Kota Ternate, Kota Tidore Kepulauan, dan Kabupaten Halmahera Utara yang didampingi tim counterpart dari BRI. Proses cek fisik berjalan lancar, aman, dan dengan tetap mematuhi prokes.

(Kominfo BPKP Malut/ Tim AN)