Inovasi Pembelajaran Antar Pusdiklatwas BPKP Menjadi Lembaga Pelatihan Berprestasi

.

CIAWI (09/08) – Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengawasan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (Pusdiklatwas BPKP) memperoleh penghargaan sebagai Lembaga Pelatihan Teknis Fungsional berprestasi Tahun 2021 dari Lembaga Administrasi Negara (LAN). Bukan tanpa alasan, semua karena inovasi penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan yang selama ini telah diterapkan, yaitu pembelajaran yang kolaboratif dan inklusif.

Dalam ajang penilaian terhadap lembaga-lembaga pendidikan dan pelatihan pemerintah yang dilakukan setiap tahun oleh LAN, selalu ditetapkan fokus penilaian sesuai dengan dinamika yang terjadi. Untuk penilaian tahun 2021 ini, fokusnya adalah penyelenggaraan pembelajaran yang kolaboriatif dan inklusif.

Pembelajaran kolaboratif dan inklusif sudah diterapkan oleh Pusdiklatwas BPKP, terlebih saat ini Pusdiklatwas BPKP dan BPKP secara umum telah bertransformasi menjadi organisasi pembelajar dengan menerapkan Government Internal Audit Corporate University (GIA Corpu).

“Melalui GIA Corpu, pembelajaran di Pusdiklatwas BPKP tidak hanya melibatkan widyaiswara internal, namun dapat melibatkan auditor serta pegawai senior yang memahami dinamika praktik di lapangan," ungkap Kepala Pusdiklatwas Arief Tri Hardiyanto usai menerima penghargaan secara daring, Jumat (06/08).

Tidak lupa Arief mengungkapkan rasa syukur sekaligus berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung proses pembelajaran di Pusdiklatwas BPKP yang kolaboratif, inklusif, dan tentunya dikemas menarik dengan konsep pembelajaran orang dewasa atau andragogi.

“Terima kasih kepada para widyaiswara, pejabat struktural maupun fungsional yang telah bekerja keras dan ikhlas untuk memberikan layanan pendidikan dan pelatihan terbaik di tengah pandemi," imbuhnya.

Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh yang turut menghadiri penyerahan penghargaan tersebut berharap agar prestasi yang diraih Pusdiklatwas BPKP sebagai lembaga diklat berprestasi tersebut dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan ke depan.

“Penghargaan ini merupakan pemicu Pusdiklatwas BPKP untuk lebih berprestasi lagi ke depan," ungkapnya.

Diketahui, rangkaian kegiatan Penghargaan Lembaga Diklat berprestasi Tahun 2021 diselenggarakan sebagai dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-64 Lembaga Administrasi Negara (LAN). Dalam kesempatan tersebut Pusdiklatwas BPKP memperoleh juara ketiga sebagai Lembaga Pelatihan Teknis Fungsional, bersama dua Lembaga Diklat lainnya, yaitu Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, dan Balai Besar Pelatihan Kesehatan Ciloto.

 

(Kominfo BPKP)