BPKP Kalsel Hadiri Rapat Penyaluran BB-PPKM

.

BANJARMASIN - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan Rudy M. Harahap didampingi korwas APD Anom Bajirat Suta dan Korwas IPP Abror menghadiri rapat Penyaluran Bantuan Beras PPKM tahun 2021 di Provinsi Kalimantan Selatan yang bertempat di Eks Perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Terkait distribusinya, Perum BULOG ditugaskan oleh Kementerian Sosial untuk melakukan penyaluran Bantuan Beras PPKM kepada 196.224 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Program Bantuan Beras Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat 2021 (BB-PPKM) bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan beras pada saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat.

Rapat BB-PPKM ini dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Badan Keuangan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Kepolisian Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Perum BULOG Kanwil Kalimantan Selatan, Kepala PT. Pos (Persero) Banjarmasin, Kepala Dinas Sosial Kota Banjarmasin, dan Kepala Dinas Sosial Kota Banjarbaru.

Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk Provinsi Kalimantan Selatan tercatat 196.224 KPM dengan jumlah bantuan sebanyak 10 kg per KPM. Peluncuraan penyaluran bantuan beras PPKM tahun 2021 telah dilaksanakan pada hari minggu tanggal 18 Juli 2021 di Gudang BULOG Landasan Ulin Banjarbaru.

Sebagai pendistribusi, PT POS sendiri menggunakan aplikasi untuk penyaluran BB-PPKM yang bisa di monitoring secara real time. Karena proses upload data di server pusat PT POS belum terselesaikan, maka penyaluran masih belum bisa terlaksana sepenuhnya.

Rudy menjelaskan tentang peran BPKP untuk ikut mengawal penyaluran BB-PPKM agar bisa tersalurkan pada masyarakat yang membutuhkan dengan cepat dan tepat sasaran dengan saran pada PT POS untuk melakukannya dengan paralel melakukan penyaluran Beras Bantuan bersamaan dengan proses tarik data mengingat data yang ditarik tersebut adalah data yang ada dan dimiliki oleh masing-masing  kabupaten/kota sehingga tidak ada waktu yang hilang hanya karena proses tarik data dan lain-lain yang sedianya berfungsi mempercepat  meningkatkan akuntabilitas dalam proses penyaluran yang dilaksanakan. Harapan BPKP besok hari minggu ini sudah dapat berjalan penyalurannya. BPKP siap selalu membantu memberikan masukan demi percepatan penyaluran BB-PPKM di Provinsi Kalimantan Selatan demi masyarakat yang membutuhkan yang sudah berhak atas program ini. Semoga semua bisa berjalan lancar.

 

(Kominfo BPKP Kalsel)