Dorong Percepatan Penyaluran Bantuan, BPKP Kalsel Beri Usulan Solusi

.

BANJAR BARU (23/7) - Rudy M. Harahap selaku Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan didampingi Korwas APD Anom Bajirat Suta dan Korwas IPP Abror menghadiri rapat penyaluran Bantuan Beras PPKM tahun 2021 di Provinsi Kalimantan Selatan. Kegiatan berlangsung di Eks Perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Siring Nol Kilometer) Jl. Jend. Sudirman Banjarmasin.

Perum BULOG ditugaskan oleh Kementerian Sosial untuk melakukan penyaluran Bantuan Beras PPKM kepada 196.224 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Tujuan Program Bantuan Beras Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat 2021 untuk mengurangi beban pengeluaran melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan beras pada saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat.

Rapat BB-PPKM ini dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Badan Keuangan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Kepolisian Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Perum BULOG Kanwil Kalimantan Selatan, Kepala PT. Pos (Persero) Banjarmasin, Kepala Dinas Sosial Kota Banjarmasin, Kepala Dinas Sosial Kota Banjarbaru.

KPM untuk Provinsi Kalimantan Selatan sebanyak 196.224 KPM dengan jumlah bantuan sebanyak 10 kg per KPM, yang launching penyaluran bantuan beras PPKM tahun 2021 telah dilaksanakan pada hari minggu tanggal 18 Juli 2021 di Gudang BULOG Landasan Ulin Banjarbaru. Sebagai pendistribusi, PT POS sendiri menggunakan aplikasi untuk penyaluran BB-PPKM yang bisa di monitoring secara real time. Karena proses unggah data di server pusat PT POS belum terselesaikan, maka penyaluran masih belum bisa terlaksana sepenuhnya.

Rudy menjelaskan tentang peran BPKP untuk ikut mengawal penyaluran BB-PPKM agar bisa tersalurkan pada masyarakat yang membutuhkan dengan cepat dan tepat sasaran. Ia pun menyarankan kepada PT POS untuk melakukannya secara paralel antara penyaluran bantuan beras dan proses penarikan data. Sebab, data yang ditarik tersebut adalah data yang ada dan dimiliki oleh masing-masing kabupaten/kota sehingga tidak ada waktu yang hilang akibat proses tsb. Demikian dihaarapkan dapat meningkatkan akuntabilitas dalam proses penyaluran yang dilaksanakan. BPKP juga berharap agar penyaluran bantuan dimulai pada hari minggu ini. BPKP siap selalu membantu memberikan masukan demi percepatan penyaluran BB-PPKM di Provinsi Kalimantan Selatan demi masyarakat yang membutuhkan yang sudah berhak atas program ini. 

(Kominfo BPKP Kalsel)