BPKP Jambi Raih Penghargaan Pionir Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah

.

JAMBI (29/4) - Perwakilan BPKP Provinsi Jambi mendapatkan penghargaan kategori Satker Pioneer Pengguna Marketplace Triwulan I Tahun 2021. Penghargaan ini diberikan oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Supendi yang diterima langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi Sueb Cahyadi dalam acara Rakorda Pelaksanaan Anggaran Semester I Tahun 2021, Kamis (29/04).

Sistem pembayaran pada APBN kini menjadi semakin modern dengan hadirnya Kartu Kredit Pemerintah (KKP). Pemberian penghargaan kepada Perwakilan BPKP Provinsi Jambi ini merupakan bentuk apresiasi dari Kanwil DJPb Provinsi Jambi karena Perwakilan BPKP Provinsi Jambi dianggap telah mendukung program transaksi non tunai (cashless) untuk berbelanja operasional kantor menggunakan KKP.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi Sueb Cahyadi menyampaikan, “Saya sangat terbantu dengan penggunaan transaksi nontunai ini, sekaligus juga bisa mengontrol transaksi keuangan di BPKP Jambi dan ini sangat bisa ditelusuri. Beli apa, di mana dan berapa jumlahnya.”

Perwakilan BPKP Jambi telah melakukan sosialisasi kepada vendor untuk bisa menyamakan pemahaman terhadap pentingnya KKP pada Februari 2021 silam, dan sudah bertekad untuk merealisasikan penggunaan KKP pada tahun ini mengingat pentingnya akuntabilitas dan transparansi serta pertanggungjawaban pengelolaan anggaran.

Namun dalam prakteknya, masih terdapat beberapa kendala dalam implementasi penggunaan KKP. Ada beberapa vendor yang belum siap, dikarenakan belum tersedia fasilitas untuk penggunaan KKP, yaitu ketersediaan mesin EDC.

“Selain itu untuk kami juga terus memantau capaian 13 Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA). Kepala Bagian Tata Usaha, Kasubbag Keuangan, dan juga Bendahara diharapkan dapat mencapai target-target IKPA yang sudah ditetapkan,” ujar Sueb Cahyadi.

Selain BPKP Jambi, penghargaan ini juga diberikan kepada Satuan Kerja lain di antaranya UIN Sultan Taha Saefuddin Jambi sebagai Satker Badan Layanan Umum Pengelola Belanja dan Pendapatan Terbaik di Triwulan I Tahun 2021, Universitas Jambi sebagai Satker Badan Layanan Umum Yang Memiliki Inovasi Layanan Terbaik di Tahun 2021, Kanwil Kemenkumham Provinsi Jambi sebagai satker pengelola DIPA terbaik Triwulan I Tahu 2021, dan BPS Provinsi Jambi sebagai Satker yang Memiliki Kualitas Pelaporan Capaian, Output Terbaik Triwulan I Tahun 2021.

Direktur Pelaksanaan Anggaran Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Sudarso dalam sambutannya secara daring berharap dengan adanya acaranya ini dapat menjadi forum kolaborasi hal-hal yang strategis dan teknis di level pimpinan.

Pada kesempatan tersebut, selain penyerahan penghargaan kepada para satuan kerja juga dilaksanakan penandatanganan Pakta Integritas dalam rangka penguatan Zona Integritasi pada Kanwil DJPb Provinsi Jambi. Penandatanganan dilaksanakan dengan Himpunan Bank Negara (Himbara), Bank Jambi, PT Taspen, dan BPJS Kesehatan.

Hadir dalam acara ini Rektor UIN ThahaSaifuddin Jambi Su’aidi, Wakil Rektor II Universitas Jambi Yusrizal, Kepala Kanwil Kemenkumham Jambi M. Jahari Sitepu, Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi Wahyudin, Kepala Stasiun TVRI Jambi Syarifuddin, Kepala Politeknik Kesehatan Jambi Rusmimpong, dan Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional IV Jambi Bosar H. Pasaribu.

 

(Kominfo BPKP Jambi)