BPKP DIY dan APIP Daerah Kawal Akuntabilitas Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

.

YOGYAKARTA - Untuk mendukung akuntabilitas Program Vaksinasi Nasional yang dilakukan percepatan pelaksanaannya pada bulan Februari 2021, maka perlu dilakukan pengawasan yang melibatkan BPKP dan APIP baik di pusat maupun di daerah.

Sasaran vaksinasi Covid-19 tahap satu adalah tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang, serta mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes), yang berusia 18 tahun ke atas. Vaksinasi Covid-19 dilaksanakan di fasyankes milik pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, dan fasilitas kesehatan milik masyarakat/swasta yang memenuhi persyaratan.

Pada pelaksanaan vaksinasi tahap satu ini, Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta menurunkan tim pengawasan pada enam rumah sakit di wilayah kerja BPKP DIY dan fasyankes di lingkungan POLDA DIY, serta berkoordinasi dengan Inspektorat/APIP daerah yang melakukan pengawasan pada Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan kabupaten/kota, RSUD, Puskesmas, dan klinik kesehatan di wilayah kerja masing-masing.

Ruang lingkup pengawasan vaksinasi Covid-19 meliputi perencanaan, pelaksanaan, sumber daya, monitoring,dan evaluasi kegiatan vaksinasi Covid-19. Hasil pengawasan diharapkan dapat memberikan rekomendasi perbaikan pelaksanaan vaksinasi pada tahap-tahap berikutnya.

 

(Kominfo BPKP DIY/nik Rev EAA)