BPKP Akan Lakukan Atensi dan Bimbingan Bagi Pemda yang Membutuhkan

.

PANGKALPINANG (23/2) - Bertempat di Kantor Perwakilan BPK Bangka Belitung, Kepala Perwakilan Ikhwan Mulyawan berkunjung ke Kepala Perwakilan BPK Ida Farida didampingi Korwas Bidang APD R Agus Prasetyo.

Kunjungan dilakukan dalam rangka memperoleh gambaran perkembangan terkini terkait pelaporan keuangan pemerintah daerah serta langkah langkah yang telah dilakukan oleh BPK maupun BPKP dalam menjalan peran masing-masing.

BPK Perwakilan sedang melakukan pemeriksaan pendahuluan terhadap akuntabilitas keuangan pemerintah daerah. Hal ini biasa dilakukan sebagai antisipasi dalam mempercepat pemeriksaan LKPD nantinya. Bahkan BPK memberikan target kepada pemda agar dapat menyerahkan LKPD tanggal 12 Maret 2021, sehingga diharapkan sebelum lebaran telah diselesaikan pemeriksaan oleh BPK.

Dalam kesempatan itu, Kalan BPK Ida Farida memberikan informasi permasalahan utama yang dihadapi yang dihadapi pemda yang akan berpengaruh terhadap kewajaran penyajian LKPD. Permasalahan tersebut antara lain aset tetap, pengelolaan dana BOS, kepatuhan terhadap ketentuan, dan penyelesaian kasus hukum tertentu yang sering dihadapi oleh pemerintah daerah. BPK berharap agar BPKP dapat membantu pemda untuk bisa menyelesaikan permasalahan tersebut sehingga LKPD dapat segera diselesaikan.

Sementara itu, Ikhwan Mulyawan juga menginformasikan langkah-langkah yang telah dilakukan BPKP dalam rangka mempercepat penyelesaian permasalahan pemda dan pelaporan keuangan. BPKP akan melakukan asistensi dan pembimbingan terhadap pemda yang membutuhkan bantuan.

 

(Kominfo BPKP Babel)