Sinergi dan Kolaborasi Kawal Tujuan Pemda melalui Pengawasan Intern yang Berkualitas

.

 

YOGYAKARTA - "If you fail to plan, you are planning to fail", jika anda gagal dalam perencanaan, maka anda berencana untuk gagal. Pesan Benjamin Franklin tersebut sesuai dengan spirit yang diusung oleh Pemda DIY saat menyelenggarakan Forum Perangkat Daerah dalam rangka penyusunan RKPD DIY tahun 2021 pada Senin, 22 Februari 2021. Forum digelar dalam rangka menyamakan gerak langkah, meningkatkan sinergi, dan kolaborasi pengawasan intern di seluruh pemda di wilayah DIY sejak dari proses penyusunan perencanaan pengawasan untuk tahun berikutnya.

Acara yang dilaksanakan secara daring ini diinisiasi oleh Inspektorat DIY dengan menghadirkan narasumber dari Komisi A DPRD DIY Retno Sudiyanti, Kepala Perwakilan BPKP DIY Slamet Tulus Wahyana, dan BAPPEDA DIY Necky Setya Setyarini. Dalam dalam sambutan pembukaannya, Inspektur DIY Wiyos Santoso menyampaikan bahwa tugas dan fungsi Inspektorat DIY adalah membantu Gubernur dalam melaksanakan pembinaan dan pengawasan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan pemda dan tugas pembantuan oleh perangkat daerah.

Sementara itu Slamet Tulus Wahyana menyampaikan bahwa BPKP DIY siap memfasilitasi pemda dalam mencapai tujuan strategis yang ingin dicapai melalui pengawasan dan pembinaan peningkatan tata kelola, manajemen risiko, dan pengendalian intern. Bentuk sinergi dan kolaborasi yang dilaksanakan dapat diwujudkan dalam beberapa aspek meliputi peningkatan kompetensi bersama, pengawalan kualitas pengawasan, dan kerja sama penugasan.

Dalam forum tersebut juga dibahas berbagai isu strategis yang tengah dihadapi saat ini terkait pandemi Covid-19 dan antisipasi atas isu strategis lainnya yang akan dihadapi di tahun 2021.

 

(Kominfo BPKP DY/INH)