BPKP Malut Adakan Rakor Rencana Pengawasan dan Workshop PPBR

.

TERNATE (16/02) - Dalam rangka penguatan pengawasan di wilayah Maluku Utara, Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara bersama Inspektorat se-wilayah Maluku Utara menyelenggarakan rapat koordinasi (rakor) rencana pengawasan tahun 2021 dan workshop Perencanaan Pengawasan Berbasis Risiko (PPBR) di lingkungan Inspektorat se-Provinsi Maluku Utara secara luring dan daring.

Dalam sambutannya, Kaper BPKP Malut Aryanto Wibowo menyampaikan bahwa kegiatan ini diadakan sebagai tindak lanjut atas Perjanjian Kerja Sama (PKS)/Nota Kesepakatan antara Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara 2020 tentang Pelaksanaan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah pada akhir tahun 2020 yang lalu.

Lanjut, Aryanto menjelaskan bahwa di dalam perjanjian tersebut memiliki memiliki tiga ruang lingkup, yaitu: supervisi kegiatan pengawasan di lingkungan pemda, peningkatan Kapabilitas APIP, serta pengawalan tata kelola keuangan dan pengembangan daerah.

Dengan adanya tiga ruang lingkup tersebut, lanjut Aryanto, menyampaikan bahwa BPKP akan selalu membantu dalam peningkatan pengawasan baik itu peningkatan SDM maupun pendampingan pengawasan. Selain itu Aryanto menghimbau kepada Inspektorat untuk membantu SKPD dalam penyusunan RPJMD setelah pergantian pimpinan daerah yang baru nantinya.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Provinsi Nirwan M.T. Ali menjelaskan bahwa sesuai dengan Surat Edaran Kemendagri yang menyatakan Inspektorat perlu memperkuat peran dan kapabilitas Inspektorat Daerah agar lebih independen dan obyektif dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pemerintah daerah yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). Serta meningkatkan efektivitas, professional yang meliputi : penyempurnaan tata laksana tugas, penambahan struktur organisasi  dengan menambah satu Inspektur Pembantu untuk melaksanakan fungsi penanganan pengaduan masyarakat dan audit Investigasi, penataan manajemen SDM (khusus Inspektur dan Inspektur Pembantu) mendapat supervisi dari Menteri Dalam Negeri.

Lanjut, Nirwan menyampaikan bahwa Gubernur Maluku Utara telah membuat regulasi sebagai tindak lanjut surat edaran Kemendagri. Regulasi tersebut tertuang dalam Peraturan Gubernur Maluku Utara Nomor 7 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Maluku Utara Nomor 36 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Dan Fungsi Inspektorat Provinsi Maluku Utara dalam pasal Pasal 3 ayat 1 susunan Organisasi Inspektorat terdapat penambahan jabatan Inspektur Pembantu Khusus.

Selain itu, Nirwan juga menyampaikan bahwa Inspektorat Provinsi akan me-launching 3 aplikasi :

  • Aplikasi Sistem Manajemen Pengendalian Internal Inspektorat Provinsi Maluku Utara (SIMWASTER)
  • Aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Data Inspektorat (SIPADAT)
  • Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Surat Masuk Surat Keluar (SIMASUK)

Di sisi lain, Inspektorat Provinsi Maluku Utara juga terus melakukan inovasi dengan merancang  Klinik Konsultasi Inspektorat dan Inspektorat Berbenah.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Korwas Bidang P3A Safi’ Mahmud terkait pendampingan New Kapabiitas APIP dan Rencana Kerja Bidang P3A Tahun 2021, pemaparan materi oleh Korwas Bidang APD Tousiama Onisimus Adoe terkait Result Based-SPIP/New SPIP, dan yang terakhir disampaikan materi terkait Pengawasan Investigasi oleh Korwas Bidang Investigasi Mohamad Riyanto. Acara diakhiri dengan Tanya jawab/diskusi terkait dengan permasalahan/harapan dari Inspektur se-Wilayah Maluku Utara.

Pada kesempatan secara luring dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Aryanto Wibowo, Koordinator Pengawasan (Korwas) Bidang P3A Safi' Mahmud, Korwas Bidang APD Tousiama Onisimus Adoe, Korwas Investigasi Mohamad Riyanto, Kepala Inspektorat Provinsi Nirwan M.T. Ali, Sekretaris Inspektorat Provinsi Maluku Utara Reni Wowor. Sementara secara daring, dihadiri oleh Kepala Inspektorat seluruh kabupaten/kota yang ada di Wilayah Maluku Utara. Acara ini diselenggarakan selama dua hari yaitu pada tanggal 16 – 17 Februari 2021 dimulai pada pukul 10.00 – 16.30 WIT.

 

(Kominfo BPKP Malut/April)