Pakta Integritas, Momentum Deklarasi Zona Integritas

.

JAKARTA (22/01) – Penandatanganan Pakta Integritas merupakan kegiatan tahunan di lingkungan BPKP. Penandatanganan yang diikuti oleh pegawai di lingkungan Deputi Akuntan Negara digelar di Aula Gandhi Gedung BPKP Pusat. Bagi pegawai yang sedang melaksanakan work from home, kegiatan diikuti secara daring.

Acara dimulai dengan pembacaan isi Pakta Integritas oleh Catur Wibowo. Dilanjutkan dengan penandatanganan Pakta Integritas serta sambutan dan arahan dari Deputi Bidang Akuntan Negara Sally Salamah. Sally menjelaskan bahwa acara ini dilaksanakan untuk mengingatkan para pegawai agar dalam setahun ke depan dapat bekerja berdasarkan nilai Integritas, yaitu satu kata dan satu perbuatan. Dokumen Pakta Integritas yang berisi pernyataan atau janji kepada diri sendiri ini harus dijadikan dasar untuk melaksanakan seluruh tugas, fungsi, wewenang, dan peran sesuai dengan UU dan kesanggupan untuk tidak melakukan KKN.

Pada kesempatan ini pula, seluruh insan Deputi Akuntan Negara mendeklarasikan zona integritas, yaitu wilayah dimana pimpinan dan seluruh jajarannya diharuskan mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

“Tidak sekadar deklarasi saja, kita harus memiliki tim dan action plan yaitu apa saja yang akan dilakukan untuk menambah dan memperkuat budaya integritas yang sudah terbangun di Deputi Akuntan Negara,” harap Sally.

Penerapan zona integritas di Deputi Akuntan Negara ini bertujuan agar tahun ini bisa mendapatkan pengakuan dari Kementarian PAN RB sebagai unit kerja yang berprestasi. Dengan adanya target ini, Sally mengajak seluruh pegawai di lingkungan Deputi Akuntan Negara untuk berlomba-lomba dalam merencanakan dan menjalankan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan zona integritas. Semoga apa yang telah ditandatangani dan dideklarasikan dapat menjadi komitmen, rambu-rambu, dan benteng diri dalam melaksanakan tugas yang dibebankan dengan mengingat sumpah jabatan.

 

(Kominfo BPKP/vivi)