Menteri PUPR: BPKP Sulbar agar Dampingi Audit Fisik Bangunan Pasca Gempa

.

MAMUJU (17/1)  Kepala Perwakilan BPKP Sulawesi Barat, mendapatkan pesan dari Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono untuk melakukan pendampingan Audit Fisik secara menyeluruh terhadap bangunan dan prasarana yang mengalami kerusakan pasca gempa.

Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono melakukan kunjungan dalam rangka meninjau kondisi terkini di Sulawesi Barat pasca gempa, terutama kondisi fisik bangunan dan jalan. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat Hasoloan Manalu, turut hadir dan mendampingi dalam kunjungan Menteri PUPR tersebut dan diamanahkan oleh Menteri PUPR untuk melakukan pendampingan atas audit fisik secara menyeluruh terhadap bangunan dan sarana yang mengalami kerusakan akibat gempa.

Menteri PUPR berpesan agar BPKP dan Kejaksaan Tinggi dilibatkan untuk melakukan pengawalan. Penanganan bantuan harus dilakukan dengan segera agar sedikit demi sedikit kegiatan operasional dapat berfungsi dan membaik. BPKP Sulawesi Barat, tetap hadir dan memberikan manfaat dalam kondisi darurat. Seluruh pimpinan di Perwakilan BPKP Sulawesi Barat berjaga di posko Kantor Perwakilan BPKP Sulawesi Barat mengantisipasi risiko kejadian darurat.

Selain itu, turut hadir Kepala BNPB Doni Monardo untuk melakukan peninjauan dan menepis kabar bohong (hoaks) yang beredar dan meresahkan masyarakat. Seperti berita tentang ajakan untuk mengosongkan Mamuju. Doni mengimbau agar tetap waspada dan memastikan sumber berita yang diterima berasal dari sumber yang terpercaya, seperti resmi dari BMKG ataupun BNPB.

Untuk operasional kantor, Perwakilan BPKP Sulawesi Barat mendapatkan bantuan satu set tenda dari BUMN dan TNI yang dapat digunakan untuk kerja pada siang hari dan tempat istirahat pada malam hari. Dalam kondisi serba terbatas, BPKP harus tetap hadir dan memberi manfaat untuk sekitar.

 

(Kominfo BPKP Sulbar)