Pencanangan Vaksinasi COVID-19 di Kota Manado

.

MANADO (15/1) – Kota Manado menjadi salah satu prioritas dalam pelaksanaan vaksin COVID-19 di Provinsi Sulawesi Utara mengingat tingginya kasus COVID-19 di daerah tersebut. Sebagai upaya dalam menekan penyebaran COVID-19, Wali Kota Manado G.S. Vicky Lumentut membuka pencanangan vaksinasi COVID-19 di Kota Manado.

“Hari ini akan mencatatkan sejarah, dI mana kita akan melaksanakan vaksinasi dan melaksanakan salah satu upaya dalam menjaga kesehatan, serta mencegah penyebaran COVID-19 di Kota Manado”, ujar Vicky mengawali sambutannya di Kantor Dinas Kesehatan Kota Manado. Ia mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi COVID-19 sudah dimulai sejak 13 Januari 2021 lalu yang dimulai perdana oleh Presiden RI.

Meskipun vaksin sudah dimulai serta melihat semakin tingginya kasus COVID-19 di Kota Manado, Wali Kota meminta agar tetap menjaga protokol kesehatan secara ketat. Selain itu, sebagai bentuk komitmen, Vicky meminta agar seluruh masyarakat dan seluruh unsur pemerintahan bersama-sama mengendalikan wabah COVID-19 ini khususnya di Kota Manado. “Mari kita doakan bersama program nasional ini dapat berjalan aman dan sukses, serta paling penting vaksin ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia,” tutup Vicky.

Usai sambutan dari wali kota, acara dilanjutkan dengan pelaksanaan penyuntikan vaksin kepada Danrem 1309/Manado Y.R. Raja Sulung Purba, Danpomal Damianus Denny, Ketua PN Kota Manado Jamaludin Ismail dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara Setya Nugraha.

Kaper BPKP Sulut saat diwawancarai awak media seusai disuntik vaksin mengatakan bahwa masyarakat tidak perlu takut untuk disuntik vaksin COVID-19. Selain itu, ia mengimbau agar selalu menjaga kesehatan dan memberikan keterangan yang sebenar-benarnya saat dimintai keterangan dan pertanyaan oleh vaksinator sebelum disuntik vaksin.

“Dengan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 ini, BPKP siap mengawal akuntabilitas dan menyukseskan vaksinasi COVID-19 di wilayah Sulawesi Utara ini”, ujar Kaper. Ia berharap pelaksanaan vaksin ini dapat berjalan lancar, baik dari sisi pelaksanaannya hingga pertanggungjawaban keuangannya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kota Manado Micler Lakat, Kapolresta Manado, jajaran Forkopimda Kota Manado, Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado, Korwas Bidang IPP Bagus Putu Santika, serta para jurnalis media.

 

(Kominfo BPKP Sulut/TH)