BPKP Dukung Pelaksanaan Vaksinasi Covid 19 di Maluku Utara

.

SOFIFI (14/01) - Bertempat di ruang kerja Direktur RSUD Sofifi, Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Aryanto Wibowo didampingi Korwas Bidang IPP Roni Medison, serta PFA Bidang IPP, mengikuti kegiatan Pencanangan Vaksinasi Covid 19 Provinsi Maluku Utara. 

Acara dibuka oleh Kadis Kesehatan Provinsi Maluku Utara yang dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa vaksinasi Covid-19 tahap 1 dilaksanakan secara serentak di 34 provinsi. Vaksinasi akan didahului dengan pemberian kepada 10 orang pimpinan dan tokoh daerah yang terdiri dari unsur pejabat publik dan memenuhi kriteria sebagai penerima vaksinasi Covid-19.

Adapun sasaran vaksinasi tahap 1 pada Januari-April 2021 adalah tenaga kesehatan pada Fasyankes dilakukan dalam jangka waktu yang luas dengan sistematika pengaturan jadwal vaksinasi sehingga tidak mengganggu pelayanan kesehatan lainnya.

Selanjutnya, Gubernur Maluku Utara mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Malut menyambut baik dan memberi apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan ini sebagai upaya kita untuk memberikan pemahaman edukasi serta mensosialisasikan tentang pentingnya hidup sehat dan aman, serta halalnya vaksin Covid-19 kepada masyarakat Malut.

“Kita tahu bersama bahwa kemarin Presiden Republik Indonesia Joko Widodo beserta jajaran kabinet dan pejabat Kapolri, serta panglima TNI telah melaksanakan pencanangan vaksinasi Covid-19 di pusat yang ditandai dengan pelaksanaan penyuntikan perdana vaksin Covid-19 kepada mereka secara terbuka dan diliputi oleh seluruh media cetak elektronik, serta disaksikan oleh jutaan mata rakyat Indonesia. Walaupun dalam pelaksanaan vaksinasi ini menjadi kewajiban bagi kita semua untuk melindungi diri keluarga, masyarakat, juga tim medis dari bahaya penyebaran covid-19 sehingga harus memperhatikan aturan medis yang telah ditetapkan sebagai petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi untuk menghindari disfungsi vaksin,” pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan kegiatan vaksinasi perdana oleh Rektor Universitas Khairun Ternate Husain Alting, lalu kemudian dilanjutkan oleh Ketua IDI Malut, Wakapolda Malut, Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia, Kepala BPOM Malut, Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Malut, Ketua Perhimpunan Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia Malut, serta Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Ternate.

(Kominfo BPKP Malut)