Semakin Profesional, APIP Pemda Aceh Ikuti Diklat Auditor Ahli Pertama dengan BPKP

.

BANDA ACEH (17/11) – Sebagai upaya meningkatkan profesionalisme auditor dalam rangka menjalankan tugas-tugas pengawasan dan konsultasi agar dapat memberingatan early warning dan penjaminan implementasi program di lingkungan pemerintah daerah, Perwakilan BPKP Aceh menyelenggarakan Diklat Sertifikasi JFA Pembentukan Auditor Ahli Pertama di Lingkungan APIP Daerah dengan anggaran biaya STAR di Perwakilan Provinsi BPKP Aceh. Kegiatan dilaksanakan di Hotel Mekkah Banda Aceh.

Diklat ini dilaksanakan dengan tujuan agar para auditor memiliki kemampuan profesional dalam melaksanakan assurance and consulting terhadap pengadanaan barang dan jasa, pelayanan publik yang efisien, efektif, dan sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku. Acara dibuka oleh Kepala Perwakilan BPKP Aceh Indra Khaira Jaya. Turut hadir dalam acara tersebut, Inspektur Provinsi Aceh Zulkifli, Inspektur dari kabupaten/kota se-Aceh, pejabat fungsional dan instruktur.

Inspektur Pemerintah Aceh Zulkifli dalam sambutannya menyampaikan bahwa diklat ini sebagai sarana meningkatkan skill, knowledge, dan attitude bagi auditor di wilayah Aceh.

Kepala Perwakilan BPKP Aceh Indra Khaira Jaya dalam arahannya menyampaikan bahwa APIP harus berada di garis terdepan untuk memberikan solusi, advice dan pendampingan kepada stakeholders. APIP juga dituntut untuk berkapabilitas dan menjunjung tinggi integritas.

Di penghujung sambutannya, Indra Khaira menyampaikan terima kasih kepada para inspektur, panitia dan narasumber yang telah berkomitmen memfasilitasi, mendorong keikutsertaan, dan  memberikan pengetahuan secara maksimal untuk Inspektorat Aceh yang lebih baik dan berkualitas sesuai harapan stakeholders.

Diklat dengan metode pembelajaran tatap muka yang akan dilaksanakan sampai dengan tanggal 1 Desember 2020 ini merupakan lanjutan dari diklat metode e-learning yang telah dilaksanakan pada 26 Oktober s.d 11 November 2020. Diklat ini diikuti oleh sepuluh Inspektorat Kabupaten/Kota di wilayah Aceh dengan jumlah 31 peserta.

 

(Kominfo Perwakilan BPKP Aceh)