Koordinasi Pemberantasan Korupsi Terintegrasi di Wilayah Sulawesi Tenggara

.

KENDARI (13/11) – Bertempat di Gedung Aula Kantor Perwakilan BPKP Sulawesi Tenggara, dilaksanakan kegiatan koordinasi antara Pimpinan KPK dengan Kepala Perwakilan BPKP Sulawesi Tenggara, serta Inspektur Provinsi/Kabupaten/Kota di Wilayah Sulawesi Tenggara. Hadir pula dalam rapat koordinasi tersebut sebagai peserta antara lain Inspektur Kota Kendari, Inspektur Kota Baubau, Inspektur Kabupaten Bombana, Inspektur Kabupaten Konawe, Inspektur Kabupaten Konawe Selatan, Inspektur Kabupaten Kolaka.

Rapat Koordinasi Pemberantasan Korupsi di Wilayah Sulawesi Tenggara diawali dengan pemberian materi oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara Nani Ulina Kartika Nasution yang memberikan gambaran umum terkait kondisi maturitas SPIP dan level kapabilitas APIP. Ia mengatakan, koordinasi antar APIP Daerah, BPKP, dan APH termasuk KPK, sangat penting dilakukan sehingga dapat secara bersama-sama mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Sulawesi Tenggara, terutama dari aspek pencegahan. Dilanjutkan pemberian materi oleh Inspektur Provinsi Sulawesi Tenggara Gusti Pasaru yang memberikan gambaran terkait kondisi APIP di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara setelah terbit Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah yang terbit atas dorongan dari KPK RI untuk memperkuat Lembaga APIP. Terakhir, pemberian materi oleh Pimpinan KPK Alexander Marwata, yang menggambarkan upaya pencegahan korupsi yang sudah dan sedang dilakukan oleh KPK RI.

Dalam rapat koordinasi tersebut, terdapat tiga hal yang diperlukan dalam upaya untuk pencegahan korupsi yang dilakukan oleh KPK RI, BPKP, dan APIP pada pemerintah daerah, antara lain :

1. Penguatan kelembagaan APIP;

2. Kompetensi dan kapabilitas;

3. Sinergi dan koordinasi dalam pelaksanaan tugas-tugas pengawasan;

Acara diakhiri dengan pemberian Plakat yang diberikan Pimpinan KPK Alexander Marwati kepada Kepala Perwakilan BPKP Sulawesi Tenggara Nani Ulina Kartika Nasution.

 

(Kominfo BPKP Sultra/Kadek Maharta/Dicky Ervyanto)