Gubernur Kukuhkan Kepala Perwakilan BPKP Lampung

.

LAMPUNG (23/10) - Bertempat di Gedung Pusiban Kantor Gubernur Lampung telah dilaksanakan acara pengukuhan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung oleh Gubernur Lampung yang diwakili oleh Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim. Acara pengukuhan dihadiri secara virtual oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Polhukam PMK Iwan Taufiq Purwanto yang mewakili Kepala BPKP.
 
Acara juga dihadiri oleh Ketua DPRD Provinsi Lampung Mingrum Gumay, Forkompimda Provinsi Lampung, Kepala Instansi Vertikal, Kepala OPD Provinsi Lampung, Ketua IAI Wilayah Lampung, dan undangan lainnya.
 
Gubernur dalam sambutannya mengingatkan banyak yang masih harus dilakukan Perwakilan BPKP Provinsi Lampung. Antara lain dalam pengawalan akuntabilitas penanganan Covid-19 yang sekarang masih berlangsung dan beberapa penugasan yang diminta Gubernur yang saat ini sedang berjalan. Di samping itu, BPKP diharapkan berperan optimal dalam mendorong kinerja pemerintah kabupaten/kota dalam mengelola keuangan dan administrasinya agar seluruh pemerintah kabupaten dan kota di Provinsi Lampung meraih opini WTP, serta perbaikan tata kelola pemerintahan yang baik lainnya yang tercermin dari Kapabilitas APIP, Maturitas SPIP, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, dan Indeks Penyelenggaraan Pemerintah Daerah.
 
Di samping itu, peran BPKP juga sangat diharapkan dalam upaya mengawal akuntabilitas program-program pemerintah pusat yang ada di wilayah Provinsi Lampung. Program-program tersebut antara lain peningkatan infrastruktur, program ketahanan pangan, program-program di bidang kesehatan, serta program penyiapan SDM unggul. Semua itu tentunya demi peningkatan pertumbuhan ekonomi secara nasional. 
 
Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Polhukam PMK Iwan Taufiq Purwanto dalam sambutannya juga menekankan peran penting BPKP sebagai mitra seluruh instansi pemerintan dalam mengawal akuntabilitas keuangan dan penyelenggaraan pembangunan. Termasuk dalam hal ini pengawalan terhadap pelaksanaan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. 
 
 
(Kominfo BPKP Lampung)