Pemerintah Kota Lhokseumawe Minta BPKP Fasilitasi Siskeudes dan Siswaskeudes Online

.

BANDA ACEH (23/10) - Kepala Perwakilan BPKP Aceh Indra Khaira Jaya didampingi Koorwaspok JFA Bidang P3A menerima kunjungan kerja dari Inspektur Kota Lhokseumawe Azwar bersama dengan Inspektur Pembantu dan Pejabat Struktural di lingkungan Inspektorat Lhokseumawe. Acara pertemuan berlangsung di Ruang Rapat Kepala Perwakilan BPKP Aceh di Jalan T. Panglima Nyak Makam, Banda Aceh.

Dalam pertemuan tersebut, Azwar menyampaikan beberapa keinginan yaitu di-online-kan aplikasi Siskeudes dan diimplementasikannya aplikasi Siswaskeudes dalam pengawasan Dana Desa oleh PFA di Inspektorat Lhokseumawe. Selanjutnya, Azwar juga berharap untuk peningkatan kapasitas SDM dibidang investigasi seiring dengan reorganisasi Inspektorat yang menuntut adanya Inspektur Pembantu bidang investigasi sebagimana diatur dalam PP 77 Tahun 2019.

Kepala Perwakilan BPKP Aceh Indra Khaira menyambut baik inisiatif dan keinginan yang sangat penting tersebut. Ia berkomitmen untuk mendukung dan menfasilitasi peningkatan kapasitas SDM Inspektorat dalam mengimplementasikan Siswaskeudes.

Selain itu BPKP siap membantu meningkatkan kompetensi dibidang audit investigasi sebagai upaya peningkatan kapasitas aparat pengawasan pemerintah, yang merupakan entitas penting dan strategis dalam mengawal program kegiatan dan aktivitas untuk membantu mewujudkan visi kepala daerah.

Lebih lanjut, Kepala Perwakilan mengharapkan kedepan sinergi dan kolaborasi dapat dilakukan lebih intens serta berkualitas. Kualitas sumber daya manusia dan teknik pelaksanaan tugas sebagai PFA dapat ditingkatkan dengan melalui kegiatan-kegiatan PPM, join pengawasan serta diklat-diklat penjenjangan dan teknik subtantif.

BPKP berkomitmen untuk hadir menfasilitasi upaya penting dan strategis sehingga harapan kepala daerah dan stakeholders kepada Inspektorat untuk menjadi mitra strategis dalam mendukung akuntabilitas pengelolaan keuangan dan pembangunan di Kota Lhokseumawe dapat diwujudkan.

 

(Kominfo Perwakilan BPKP Aceh)