Inspektorat Provinsi Sumbar dan Kab. Pesisir Selatan Capai Kapabilitas APIP Level 3

.

PADANG - Di Istana Gubernur Sumatera Barat, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Buyung Wiromo Samudro dengan didampingi Koordinator Pengawasan Bidang P3A Mohammad Allin dan Koordinator Pengawasan Bidang Akuntabilitas Keuangan Daerah (APD) Jun Suwarno, menyerahkan Piagam Kapabilitas APIP Level 3 dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) kepada Inspektorat Provinsi Sumatera Barat dan Inspektorat Kabupaten Pesisir Selatan, Selasa (20/10).

Penyerahan piagam tersebut disaksikan langsung oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, dengan didampingin Inspektur Provinsi Sumatera Barat sekaligus Pjs. Bupati Kabupaten Pesisir Selatan Mardi, dan Inspektur Kabupaten Pesisir Selatan Ahda Yanuar. Mengawali pertemuan, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Buyung Wiromo Samudro mengucapkan selamat dan apresiasi atas komitmen Inspektorat Provinsi Sumatera Barat dan Inspektorat Kabupaten Pesisir Selatan dalam memperkuat Kapabilitas APIP. “Penghargaan ini diberikan setelah adanya Quality Assurance dan Reviu dari BPKP Pusat. Dengan adanya penghargaan ini, Inspektorat diharapkan dapat meningkatkan standar kualitasnya” harap Kepala Perwakilan BPKP Sumbar.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Inspektur Provinsi Sumatera Barat Mardi menyampikan ucapakan terima kasih kepada BPKP yang telah mendampingi Inspektorat Provinsi Sumatera Barat dan Kabupaten Pesisir Selatan dalam mencapai Kapabilitas APIP Level 3. Gubernur juga meminta BPKP untuk terus mendampingi Inspektorat Kabupaten/ Kota lainnya di Provinsi Sumatera Barat untuk bisa mencapai Kapabilitas APIP Level 3.

Pada pertemuan tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Buyung Wiromo Samudro, juga mendorong APIP untuk melaksanakan Pengawasan Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) terkait penanganan Covid-19 di Bidang Kesehatan yang bersumber dari APBD. 

 

(Tim Kominfo BPKP Sumbar)