Kaper BPKP Malut Didaulat Jadi Dewan Konsultatif IKPN

.

TERNATE -  Dalam rangka persiapan pelantikan IPKN, Kalan Perwakilan BPK Provinsi Maluku Utara mengundang rapat Pengurus IPKN di wilayah Maluku Utara pada sore ini (12/10). Hadir pada kesempatan ini, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Aryanto Wibowo, Rektor Unkhair Prof. Dr. Husen Alting, SH., MH, Inspektur Provinsi Maluku Utara Ahmad Purbaya Inspektur Kota Ternate Rohani Panjab Mahli,  Inspektur Kota Tidore Kepulauan Arif Radjabessy, Dosen Unkhair, serta pegawai BPK Perwakilan Provinsi Maluku Utara. 

Pada kesempatan ini, Hermanto memaparkan tujuan dibentuknya IPKN adalah mengembangkan dan mendayagunakan potensi pemeriksa bagi kepentingan bangsa dan negara. Lanjut Hermanto, dalam pembentukan IPKN diharapkan dapat mendukung peningkatan kompetensi, profesionalisme, dan kinerja dari pemeriksa negara. Hermanto menegaskan bahwa IPKN Wilayah Maluku Utara menjadi alat kelengkapan dalam melaksanakan kegiatan pengembangan profesi anggota di daerah dengan menyinergikan kerja sama dan kolaborasi antara BPK, BPKP, Inspektorat, Satuan Pengawas Intern (SPI) dan kalangan akademisi sehingga dapat menjalankan tugas pengawasan keuangan negara dengan baik, serta dapat mendukung peningkatan kinerja dan profesionalisme bagi pemeriksa keuangan negara.  

Rencananya, pelantikan pengurus IPKN akan diselenggarakan pada hari Kamis (15/10) secara virtual dan serentak dengan IPKN wilayah Provinsi di Indonesia Timur yang meliputi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat. Dalam kepengurusan nantinya, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Aryanto Wibowo didaulat sebagai Dewan Konsultatif di IPKN Maluku Utara. 

 

(Kominfo BPKP Malut/April)