Sistem, SDM, dan Budaya Kunci Pembangunan Zona Integritas

.

PEKANBARU (24/9) - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Farid Firman menjadi narasumber dalam program dialog khusus Riau TV dengan tema “Akuntabilitas Pelaksanaan Program Bangga Kencana di Provinsi Riau”. Acara ini disiarkan secara langsung di saluran Riau TV dan dihadiri oleh narasumber lainnya, yaitu Inspektur Utama BKKBN Ari Dwikora Tono dan Ketua IBI Provinsi Riau Darmiati.

Inspektur Utama BKKBN Ari Dwikora Tono menyampaikan untuk pembangunan Zona Integritas (ZI),  Wilayah Bebas Korupsi (WBK), dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), BKKBN berpedoman pada peraturan Menteri PANRB Nomor 10 Tahun 2019. Selain itu Ari juga menjelaskan mengenai fungsi dari Inspektorat BKKBN adalah sebagai tim penilai internal.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Farid Firman menyampaikan tingginya kebutuhan masyarakat akan terwujudnya birokrasi yang transparan, pengelolaan keuangan yang akuntabel, bebas dari korupsi dan nepotisme yang harus dilakukan seluruh instansi pemerintah. Farid juga menyampaikan reformasi birokrasi merupakan langkah awal untuk melakukan penerapan sistem penyelenggaraan pemerintah yang baik, efektif, efisien dan bersih sehingga nantinya dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat dan profesional.

“Perwakilan BKKBN Provinsi Riau telah menjadi role model atau bagian-bagian itu memang harus dibantu, karena memang program kerja BKKBN ini terkait dengan pelayanan masyarakat dengan tren barunya sekarang, yaitu Bangga Kencana tentunya sangat bersinggungan langsung dengan masyarakat sehingga dituntut untuk menyelenggarakan fungsi dan perannya dalam pelayanan secara cepat dan profesional” ujar Farid.

Lanjut Farid, dalam pembangunan ZI ada 3 hal yang harus dibangun. Pertama, membangun sistem, seperti membuat instrumen untuk mencegah terjadinya tindakan pidana korupsi. Kedua, membangun manusia, contohnya peningkatan kapabilitas. Ketiga, membangun budaya, seperti merubah perilaku kebiasaan yang buruk menjadi lebih baik. “Tapi yang terpenting dari semua ini adalah niat komitmen dari pimpinan perwakilan BKKBN Provinsi Riau,” ujar Farid. Di akhir segmen, Farid Firman menyampaikan untuk tetap berkoordinasi dan berkomitmen membangun Zona Integritas menuju WBK dan WBBM.

 

(Kominfo BPKP Riau)