Tingkatkan Pemahaman Soal PBJ, BPKP Babel Dorong Akselerasi Belanja Pemerintah

.

PANGKALPINANG (24/09) - Di Aula kantor Perwakilan BPKP Provinsi Bangka Belitung telah dilaksanakan Bimtek Pengawasan Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Penanganan Pandemi Covid-19 oleh Bidang P3A dan Bidang APD. Dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP Bangka Belitung Ikhwan Mulyawan, seluruh Inspektur di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dinas Kesehatan, dan Rumah Sakit Umum Daerah. 

Kepala Perwakilan BPKP Bangka Belitung Ikhwan Mulyawan menyampaikan bahwa Kondisi ekonomi saat ini masuk ke dalam periode resesi di mana pertumbuhan ekonomi terus-menurus negatif. Menurutnya, resesi ini bukanlah akhir dari segalanya, namun harus diwaspadai bersama karena merupakan tanda krisis ekonomi.

Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan membantu akselerasi belanja pemerintah. Akselerasi belanja pemerintah saat ini merupakan penopang agar perekonomian Indonesia tetap bergerak. Apabila dikaitkan dengan pengawasan pengadaan barang dan jasa, maka kita dapat membantu pemerintah daerah dalam menyakinkan prosedur telah sesuai dengan peraturan. Demikian akan mempercepat pemerintah daerah melakukan pembayaran kepada penyedia barang dan jasa.

Apabila dikaitkan dengan menejemen risiko, APIP dapat membantu Pemerintah Daerah dalam menyusun Risk Register untuk memitigasi risiko sehingga kegiatan pelaksanaan PBJ lebih lancar dan lebih cepat terlaksana. 

 

(Kominfo BPKP Babel)