BPKP Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional melalui Rakorpim PC-PEN

Bintan (25/9) – Sektor pariwisata adalah salah satu sektor ekonomi yang paling terdampak Covid-19. Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) turut aktif mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional (PEN) melalui Rapat Koordinasi Pimpinan (Rakorpim) Komite Penaganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) Tahun 2020. Digelar di kawasan wisata Lagoi Bintan, Rakorpim PC-PEN Tahun 2020 menjadi tonggak pemulihan ekonomi nasional serta cerminan sikap optimis pemerintah mendongkrak sektor pariwisata sebagai salah satu penopang perekonomian nasional. 

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai pimpinan rapat koordinasi, dalam sambutannya menekankan bahwa pemerintah optimis, dengan berbekal kondisi ekonomi yang relatif lebih baik dibandingkan negara lain. Ditambah perbaikan indikator makro ekonomi, akan mampu mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional, sekaligus meningkatkan akselerasi penanganan Covid-19 di Indonesia.

Oleh karena itu, program PC-PEN harus dikawal sejak dini, dengan melibatkan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), dan Aparat Penegak Hukum (APH). Airlangga mengatakan, “Kami juga mengundang Pimpinan Aparat pengawasan Intern Pemerintah (BPKP), Aparat Penagak Hukum (Kejaksaan, Kepolisian, dan KPK), serta Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP), untuk bersama-sama memberikan masukan dan rekomendasi, dalam rangka pemenuhan tata kelola yang baik dan akuntabilitas dalam pelaksanaan program PC-PEN ini”.

Harapan besar tersebut merupakan bukti bahwa peran BPKP sebagai trusted advisor telah diakui oleh kementerian/lembaga. Dalam kesempatan yang sama, Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh menyampaikan bahwa “Kepercayaan stakeholders harus kita jaga, terutama untuk mewujudkan BPKP yang selalu hadir bermanfaat”.

Dalam perhelatan itu, Kepala BPKP turut didampingi oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Perekonomian Salamat Simanullang dan Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Polhukam PMK Iwan Taufiq Purwanto, dimana keduanya secara aktif terlibat dalam Komite Pemulihan Ekonomi Nasional dan Satgas Penanganan Covid-19.

Diselenggarakan dalam suasana pandemi, Rakorpim PC-PEN menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat, mulai dari persyaratan swab test sebelum berangkat, penggunaan masker, mencuci tangan, serta pengaturan tempat duduk yang memperhatikan jarak aman.

Seperti diketahui, Presiden melalui Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2020 telah membentuk komite penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Perpres itulah yang selanjutnya membagi tiga peran penting, yaitu Komite Kebijakan, Satgas Penanganan Covid-19, dan Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional, dimana BPKP turut dilibatkan dalam keanggotaan kedua Satgas yang dibentuk.

 

(Tim Kominfo BPKP)