Pentingnya Daftar Risiko dalam Mengelola Dana BOS

TIDORE (24/09) - Mewakili dari BPKP Malut, Koordinator Pengawasan Bidang Investigasi Ramli dan tim melaksanakan kegiatan Penilaian Risiko Kecurangan Pengelolaan Dana BOS Reguler di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan. 

Kegiatan ini berlangsung dari pukul 09.00 s.d. 15.00 WIT dan dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan Ade Rakib, Perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi Maluku Utara, Perwakilan dari Inspektorat Kota Tidore Kepulauan, serta mengundang perwakilan dari SD, SMP, SMA, SMK, SDLB, SMPLB dan SMALB yang berada di Kota Tidore Kepulauan.

Dengan menerapkan protokol kesehatan, acara dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan, dilanjutkan pemaparan mengenai Penilaian Risiko Kecurangan oleh Ramli dan tim.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan survey mengenai persepsi kecurangan, Focus Group Discussion (FGD) untuk membentuk risk register yang dipimpin langsung oleh tim dari Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara serta dibukanya sesi tanya jawab bagi para tamu undangan.

Diharapkan dari kegiatan ini Dinas Pendidikan Provinsi Maluku Utara dan Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan selaku pengelola dana BOS dapat membuat dan memiliki risk register dalam mengelola dana BOS, sehingga dari risk register tersebut nantinya dapat teridentifikasi pengendalian-pengendlian yang akan dibutuhkan.

 

(Tim Kominfo BPKP Malut/Ronny/Dwi Juliyanto)