BPKP Maluku Lakukan Update Data Penanganan Covid-19 Kota Tual

.

Ambon (17/9) – Perwakilan BPKP Provinsi Maluku menyambangi kantor Dinas Kesehatan Kota Tual pada Kamis (17/9) untuk melaksanakan update data penanganan Covid-19 di Provinsi Maluku.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tual dr. Betty Zoebaidah didampingi stafnya menyambut baik kedatangan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Rizal Suhaili yang saat itu didampingi Korwas Bidang APD Aderial Adelis dan tim teknis bidang IPP di ruang kerjanya. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Rizal Suhaili menyampaikan maksud kedatangannya tersebut dalam rangka pengumpulan data terkait penanganan Covid-19 di Provinsi Maluku, salah satunya di Kota Tual, serta menanyakan permasalahan atau kendala apa saja yang terjadi pada Dinas Kesehatan Kota Tual selama menjalankan program terkait penanganan Covid-19 dari segi anggaran dan pelaksanaannya.

Dalam pertemuan yang berlangsung cukup santai itu, dr. Betty menuturkan beberapa permasalahan yang terjadi pada Dinas Kesehatan Kota Tual terkait penanganan pandemi Covid-19. Permasalahan tersebut diakui dr. Betty salah satunya yaitu pada pengadaan rapid test dan swab test bagi masyarakat sekitar yang masih terkendala di beberapa titik. Namun hingga saat ini permasalahan tersebut tengah diproses. Selain itu, dr. Betty juga berharap agar penyerapan anggaran di sektor kesehatan ini dapat digunakan secara optimal.

Kepala Perwakilan Rizal Suhaili juga turut menyampaikan terkait tugas dan fungsi BPKP dalam melakukan pengawasan tata kelola keuangan negara dan pembangunan nasional, khususnya pada saat ini yaitu mengawal dan memonitoring penyerapan anggaran dalam penanggulangan pandemi Covid-19. Rizal juga mengucapkan terima kasih atas kesediaan Dinas Kesehatan Kota Tual dalam membantu BPKP terkait pengumpulan data penanganan Covid-19 di Kota Tual ini. Untuk itu, Kepala Perwakilan berharap adanya kerja sama yang baik dan koordinasi yang berkelanjutan dari Dinas Kesehatan Kota Tual.

Perlu diketahui bahwa pelaksanaan update data penanggulangan Covid-19 di sektor kesehatan meliputi data klaim pasien Rumah Sakit, insentif tenaga kesehatan, pengadaan bantuan alat kesehatan dan pelayanan kesehatan di daerah. Data-data tersebut dapat diperoleh dari Rumah Sakit dan Dinas Kesehatan di daerah terkait. 

 

(Kominfo BPKP Maluku)