Integrasi Perpajakan dan SIMDA Keuangan

.

MUARA TEWEH (22/9) - Perwakilan BPKP Provinsi Kalteng berkesempatan berbagi ilmu kepada rekan-rekan pegawai di lingkungan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Muara Teweh melalui Bimbingan Teknis SIMDA Keuangan dan Siskeudes, Bimtek ini membahas pengenalan fitur menu pada aplikasi SIMDA Keuangan dan Siskeudes terkait perpajakan bendahara pengeluaran SKPD dan Bendahara Umum Daerah, serta Asistensi Instalasi SIMDA.

Acara tersebut dibuka oleh Kepala KPP Pratama Muara Teweh Andi Mujahid Pulungan dan diikuti oleh sekitar 20 pegawai kantor setempat. Turut hadir sebagai pembicara dari Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah BPKP Kalteng yakni Suyatno selaku Pengendali Teknis dan Auditor Pelaksana Agya Ilham Musyaffa.

Perlu diketahui, untuk meningkatkan Akuntabilitas Keuangan dan Kinerja Pemerintah Daerah, sejak tahun 2003 Deputi Pengawasan Bidang Penyelenggaraan Keuangan Daerah BPKP mengembangkan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA). Hingga saat ini, pengembangan Aplikasi SIMDA melanjutkan perancangan, pengembangan, dan pemeliharaan (maintenance) program aplikasi yang telah ada sehingga melahirkan beberapa produk aplikasi sebagai berikut: SIMDA Keuangan, SIMDA Barang Milik Daerah (BMD), SIMDA Gaji, SIMDA Pendapatan, SIMDA Perencanaan, SIMDA Dashboard, dan SIMDA Cash Management System (CMS)/SP2D Online.

Upaya-upaya yang telah dilakukan BPKP ini merupakan komitmen BPKP dalam rangka turut serta mensukseskan otonomi daerah, sesuai misi BPKP ”Mendorong Terwujudnya Tata Kelola Pemerintahan yang Baik, Meningkatnya Pelayanan Publik, serta Terwujudnya Iklim yang Mencegah KKN”. Sampai dengan 30 Juni 2020, Aplikasi SIMDA telah diimplementasikan pada 440 Pemerintah Daerah dari 542 Pemerintah daerah yang ada.

 

(Kominfo BPKP Kalteng/Reza | dok.: KPP Pratama Muara Teweh)