BPKP dan DJPb Bahu Membahu Atasi Pesoalan Penyerapan Anggaran

BANDA ACEH (23/9) – Kepala Direktorat Jenderal Perbendaharaan Wilayah Aceh Syafriadhi beserta dengan jajaran Eselon III melakukan audiensi bersama Kepala Perwakilan BPKP Aceh Indra Khaira Jaya yang didampingi oleh Koordinator Pengawasan JFA Bidang Akuntan Negara.

Di samping saling memperkenalkan diri, pertemuan tersebut membahas beberapa isu penting, seperti penyerapan dan tata kelola Dana Desa agar tepat sasaran dan ikut membantu masyarakat yang terdampak Covid-19. Selanjutnya, mengenai Dana Alokasi Khusus Fisik (DAK-Fisik) dan cadangan DAK fisik yang penyerapannya masih rendah dan memerlukan upaya percepatan dalam kurun waktu tiga bulan ke depan. Terakhir, keduanya juga membahas terkait dengan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Ketiga topik bahasan tersebut, masing-masing pihak menawarkan usulan solusi dan saran bantuan yang dimiliki oleh BPKP dan DJPb berkaitan dengan aplikasi yang selama ini digunakan untuk mengelola ketiga isu penting tersebut.

Akhir dari pertemuan tersebut disimpulkan bahwa pihak kanwil DJPb dan BPKP berkomitmen untuk bersinergi dan berkolaborasi baik secara teknis maupun aksi dalam konteks saling mengisi untuk mensukseskan program Dana Desa, alokasi DAK-Fisik, dan program PEN yang sedang didorong oleh pemerintah pusat dan daerah sebagai perwujudan kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat dalam keadaan pandemi Covid-19 terkhusus bagi masyarakat Aceh.

 

(Kominfo Perwakilan BPKP Aceh)