Diklat Pembentukan Auditor Ahli Pertama pada Inspektorat di Wilayah Aceh

ACEH - Diklat yang dibuka oleh Kepala Perwakilan BPKP Aceh ialah Diklat Pembentukan Auditor Ahli yang menerapkan pola Blended Learning. Diklat ini difasilitasi oleh Pusdiklat GIA Corpu BPKP dan Perwakilan BPKP Aceh.

Para peserta diklat diwajibkan mengikuti pembelajaran dengan metode e-learning mulai tanggal 1-14 September 2020, dan dilanjutkan dengan metode Pembelajaran Jarak Jauh yang dimulai pada 21 September s.d 07 Oktober 2020.

Diklat Pembentukan Auditor Ahli Pertama adalah diklat yang dirancang untuk meningkatkan profesionalisme auditor dalam rangka pelaksanaan tugas pengawasan atas pelaksanaan kegiatan umum pemerintahan dan pembangunan agar berjalan secara efisien, efektif dan sesuai dengan kebijakan dan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

Inspektur Pemerintah Aceh Zulkifli dalam sambutannya menyampaikan bahwa diklat ini sebagai sarana meningkatkan skill, knowledge, dan attitude bagi auditor di wilayah Aceh.

Kepala Perwakilan BPKP Aceh Indra Khaira Jaya dalam arahannya menyampaikan bahwa APIP harus berada di garis terdepan untuk memberikan solusi, jalan keluar dan pendampingan kepada stakeholders. APIP juga dituntut untuk berkapablitas dan menjunjung tinggi integritas. Di penghujung sambutannya, Indra Khaira menyampaikan terima kasih kepada narasumber yang telah berkomitmen memberikan pengetahuan secara maksimal untuk masa depan Aceh yang lebih baik.

Diklat ini diikuti oleh 10 Inspektorat Kabupaten/Kota di wilayah Aceh dengan jumlah 66 peserta. Turut hadir undangan pembukaan diklat Inspektur Aceh, Inspektur Kota Banda Aceh,  Inspektur Lhokseumawe, Inspektur Kota Langsa, Inspektur Kabupaten Pidie, Inspektur Kabupaten Bireuen, Inspektur Kabupaten Bener Meriah, Inspektur Kabupaten Aceh Tenggara, Inspektur Kabupaten Aceh Barat, Inspektur Kabupaten Aceh Selatan, Inspektur Kabupaten Aceh Singkil, dan Inspektur Kabupaten Simeulue (yang mewakili dari Inspektorat).

 

(Kominfo Perwakilan BPKP Aceh)