Kolaborasi Audit Kinerja BPKP dan BPK, Tingkatkan Akuntabilitas LKPD

JAYAPURA (11/9) - Dalam rangka koordinasi dengan Perwakilan BPKP Provinsi Papua, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Papua Paula Henry Simatupang menyambangi Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Yan Setiadi di kantornya. Yan menyambut kedatangan Paula dan rombongan di ruang rapatnya saat itu didampingi oleh Korwas Bidang APD 2, Bidang APD 1, dan Bidang Investigasi.  

Maksud dan tujuan Paula saat itu antara lain untuk terus meningkatkan sinergi antara BPKP dan BPK dalam hal mendorong pemda untuk meningkatkan akuntabilitas melalui penyusunan LKPD (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah) yang tepat waktu. Mengingat kolaborasi dan sinergi antara BPKP dan BPK yang sebelumnya dalam audit LKPD telah berjalan dengan lancar, BPK meminta koordinasi dengan BPKP untuk rencana pemeriksaan atau audit kinerja penanganan Covid-19 di pemda.

Pertemuan tersebut juga membahas tindak lanjut harapan BPK agar BPKP memberikan pelatihan SIMDA bagi para pemeriksa BPK. Hal tersebut sangat dibutuhkan oleh pemeriksa BPK untuk menunjang kegiatan pemeriksaan BPK.

Dalam kesempatan tersebut, Paula dan Yan juga bersepakat untuk mengaktifkan kembali organisasi IAI (Ikatan Akuntan Indonesia) wilayah Papua dimana dalam kepengurusan dan keanggotaan organisasi tersebut banyak pejabat dan pegawai Perwakilan BPKP Provinsi Papua yang ikut berpartisipasi.

Selain membahas IAI, Yan dan Paula juga kembali membahas rencana struktur organisasi IPKN (Institut Pemeriksa Keuangan Negara) dan meminta Kepala Perwakilan BPKP untuk mendukung berjalannya IPKN tersebut  dengan terlibat dalam kepengurusan. IPKN dibentuk sebagai media untuk peningkatan kualitas/kompetensi profesional dan pengembangan profesi pemeriksa. Paula mengajak Yan ikut dalam bagian organisasi IPKN Wilayah Timur bersama-sama dengan Paula, dengan begitu kerjasama antara BPKP dan BPK dapat terus terjalin.

Menutup pertemuan, Yan dan Paula melakukan serah terima berkas pembentukan pengurus IPKN sebagai bentuk dukungan BPKP terhadap IPKN.

 

(Kominfo BPKP Papua/Frisca)