Dorong Kapabilitas APIP Melalui Program Pelatihan Mandiri

BANTUL - Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta hadir sebagai narasumber atau Program Pelatihan Mandiri (PPM) Inspektorat Kabupaten Bantul dengan materi Self Assessment (SA) Maturitas SPIP dan Audit Kinerja Berbasis Risiko. PPM dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 7-9 September 2020, di aula kantor Inspektorat Kabupaten Bantul dan ruang workshop Dinas Kominfo Kabupaten Bantul.

Rangkaian acara PPM dibuka oleh Sekretaris Inspektur Kabupaten Bantul Ari Purwaningsih. Dalam sambutan, Ari Purwaningsih berterima kasih kepada Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta yang selama ini telah membantu Inspektorat Kabupaten Bantul baik dalam pencapaian Maturitas SPIP Level-3 maupun Kapabilitas APIP Level-3. Ari Purwaningsih berharap agar PPM yang dilaksanakan dapat meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia di Inspektorat Kabupaten Bantul dalam melaksanakan tugasnya.

Pada hari pertama, Elisabeth Ambar Anindita sebagai narasumber membawakan materi tentang Konsep Maturitas SPIP dan Tahapan Penilaiannya. Selanjutnya pada hari kedua, Ninik Triani dan Jumiyati memandu peserta untuk melakukan simulasi aplikasi e-SPIP. Pada hari ke tiga, Yohanes Yuli Ari menyampaikan materi tentang Audit Kinerja Berbasis Risiko (AKBR). Melalui materi AKBR, Yuli Ari berharap pelaksanaan Audit Kinerja tidak hanya berhenti sampai dengan temuan mengenai aspek ekonomis, efektivitas, dan efisiensi (3E) dan aspek capaian kinerja atas Indikator Kinerja Kegiatan (IKK), namun juga menghubungkannya dengan penilaian risiko dan pengendalian yang telah dibangun atas kegiatan tersebut.

 

(Kominfo BPKP DIY/Mey)