BPKP Maluku dan Bupati Buru Bahas Peningkatan Kapabilitas APIP

.

AMBON (12/8) – Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, Perwakilan BPKP Provinsi Maluku berkunjung ke kantor Bupati Buru. Kunjungan kerja tersebut dalam rangka koordinasi pengawasan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Buru.

Kedatangan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Rizal Suhaili didampingi Korwas bidang APD Aderial Adelis dan tim teknis disambut baik oleh Bupati Buru Ramly Umasugi didampingi staf dan Sekretaris Daerah Kabupaten Buru, serta Kepala Badan Pengawas Inspektorat Kabupaten Buru. Bertempat di ruang kerja kantor Bupati Buru, Rizal Suhaili juga menyampaikan salam perkenalannya sebagai Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku yang baru. Harapannya BPKP Maluku bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Buru dapat menjalin kerja sama yang baik dan saling bersinergi.
 
Dalam kesempatan itu pula, Kepala Perwakilan Rizal Suhaili juga menyampaikan soal peningkatan kapabilitas APIP di Provinsi Maluku. Ia menyoroti di wilayah Provinsi Maluku khususnya seluruh Inspektorat bahwa kapabilitas APIP yang dimiliki masih berada di level 2. Perwakilan BPKP Provinsi Maluku menilai Kabupaten Buru layak untuk meningkatkan level kapabilitas APIP-nya. Untuk itu, Rizal berharap APIP di Inspektorat Kabupaten Buru dapat menjadi yang pertama meningkatkan kapabilitas APIP ke level 3. Ia juga memastikan bahwa BPKP Maluku akan siap membantu dalam hal tersebut.
 
Di samping itu, Rizal pun meminta kesediaan Inspektorat Kabupaten Buru untuk berkolaborasi dengan Perwakilan BPKP Provinsi Maluku dalam hal persiapan peningkatan kemampuan auditor APIP. "Jika kita sudah tidak terkendala lagi dalam masalah anggaran terkait dana untuk Covid-19, perencanaan tahun depan kami (BPKP) berharap pengembangan SDM ada porsi yang cukup untuk menggelar diklat peningkatan kemampuan auditor APIP. Untuk itu, kami minta kesediaannya teman-teman Inspektorat bersama BPKP Maluku terkait penyiapannya," ungkapnya. 
 
(Kominfo BPKP Maluku)