Akuntabilitas dan Transparansi Anggaran Covid-19 di Malut

TERNATE (04/08) -  Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Aryanto Wibowo menjadi narasumber tunggal dalam dialog interaktif yang disiarkan langsung oleh Stasiun Radio Republik Indonesia (RRI) Ternate. Dialog yang berlangsung pada pukul 08.00–09.00 WIT mengusung tema “Akuntabilitas dan Transparansi Anggaran Covid-19 Provinsi Maluku Utara”. 

Dalam pembukaan acara, Aryanto menjelaskan tugas dan fungsi BPKP dalam Percepatan Penangan Covid-19 di Wilayah Maluku Utara. Aryanto menyampaikan bahwa BPKP ikut berperan dalam mengawal akuntabilitas keuangan Percepatan Penanganan Covid-19. Lanjutnya, BPKP juga diamanatkan untuk melakukan pendampingan pengawasan keuangan terhadap refocussing kegiatan, realokasi anggaran, serta pengadaan barang dan jasa sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2020. Dalam hal percepatan penangan Covid-19 BPKP juga melakukan pengawasan intern atas Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sesuai yang tercantum pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2020.

Aryanto juga menjelaskan peran Gugus Tugas Provinsi Maluku Utara dalam Percepatan Penangan Covid-19. Aryanto mengakui bahwa kinerja Gugus Tugas di Wilayah Maluku Utara dalam Pencegahan dan Penangan Covid-19 sangatlah luar biasa terutama dalam pengawalan akuntabilitas anggaran Covid-19. Untuk menghindari penyimpangan, Aryanto selalu mengingatkan kepada Gugus Tugas agar selalu berhati-hati dalam pengelolaan anggaran Covid-19 dan bekerja sesuai dengan SOP yang telah ditentukan. Pada akhir dialog interaktif ini, Aryanto menghimbau kepada masyarakat Maluku Utara untuk selalu patuh terhadap protokol kesehatan dari segi pemakaian masker, menjaga jarak, dan kebiasaan mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas. (Tim Kominfo BPKP Malut/April)