Kawal Modal Kerja UMKM bersama Pemprov Sumsel

PALEMBANG (30/07) - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan berkunjung ke Kantor Gubernur Sumatera Selatan. Bertempat di Ruang Tamu Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Herman Deru menyambut kedatangan BPKP yang didampingi oleh Asisten Administrasi dan Umum, Kepala BPKAD Provinsi Sumatera Selatan, Inpektur Provinsi Sumatera Selatan, Karo Perekonomian, Kepala Dinas Koperasi dan UKM. 

Pertemuan ini membahas Program Bantuan Modal Kerja bagi Pelaku UMKM Mikro, yang terkait dengan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Gubernur Provinsi Sumatera Selatan mengatakan sebelum bantuan modal tersebut sampai kepada pelaku UMKM, hal yang paling penting adalah berbasiskan data baik itu dari BPS maupun pemerintah daerah. 

Menurutnya, pemulihan ekonomi nasional ini tidak bisa hanya dilihat dari kelumpuhan usaha, atau ketidakberdayaan usahanya yang diakibatkan pandemi. Oleh sebab itu pula butuh investigasi yang lebih jelih, caranya dengan berkolaborasi antara inspektorat, BPS, Pemda, dan BPKP.

"Kita gunakan sinergitas jemput bola, yang mana UMKM itu bakat dan bakat alam yang nempel karena Sumber Daya Alam dan keahlian individunya. Artinya jenis usaha ini sesuai dengan konfisi yang ada." tuturnya. Pada kesimpulannya, terkait hal ini akan di bahas lebih lanjut lagi dengan berdiskusi bersama bupati dan walikota yang di dampingi oleh pejabat terkait untuk menyamakan persepsi.

(Kominfo BPKP Sumsel)